BPKP Hadir Melalui Evaluasi Atas Akuntabilitas Perencanaan dan Penganggaran

Pekanbaru (25/6/2021) – Dinamika perubahan kondisi sosial dan ekonomi yang terjadi mengakibatkan tuntutan dan kebutuhan masyarakat akan kehadiran pemerintah semakin banyak. Di lain sisi, ketersediaan sumber daya anggaran untuk membiayai pelaksanaan program dan kegiatan pemerintah semakin terbatas. Untuk itu, BPKP hadir melalui evaluasi atas akuntabilitas perencanaan dan penganggaran.

Perwakilan BPKP Provinsi Riau menggelar Sosialisasi Evaluasi Perencanaan dan Penganggaran Kepada APIP Daerah se-Provinsi Riau di Aula Kantor BPKP Riau. Acara dibuka oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Riau, Farid Firman didampingi Korwas Bidang Akuntabiltas Pemerintah Daerah.

Dalam sambutannya, Farid Firman menyampaikan evaluasi ini dirancang untuk menganalisis dan memberikan rekomendasi perbaikan atas perencanaan dan penganggaran pemerintah daerah sehingga kualitas belanja program dan kegiatan pemerintah daerah dapat lebih fokus, mengarah kepada hasil yang dapat dirasakan langsung oleh masyarakat, terukur dampaknya, dan dirancang secara efisien.

“Sebagai alat bantu pelaksanaan evaluasi ini, BPKP sudah mengembangkan aplikasi SIERA (Sistem Informasi Evaluasi Perencanaan dan Penganggaran) APBD. Aplikasi ini nantinya juga dapat membantu pemerintah daerah dalam melakukan refocusing anggaran.” Ujar Farid.

Farid juga menyampaikan tugas pengawasan terhadap perencanaan dan penganggaran menjadi tugas APIP di daerah sebagai contoh melalui reviu RKPD dan reviu RKA SKPD sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

“Amanah yang besar berada di pundak kita sebagai APIP. Mari kita laksanakan amanah ini dengan penuh kesungguhan dan tanggung jawab” ungkapnya.

Adapun materi pada sosialisasi tersebut adalah mengenai gambaran umum, metodologi, dan petunjuk teknis evaluasi penganggaran dan perencanaan. Selain itu juga dilaksanakan bimbingan teknis Aplikasi Sistem Informasi Evaluasi Perencanaan dan Penganggaran (SIERA) APBD.

(Kominfo BPKP Riau)