Sosialisasi SPIP Terintegrasi di Pemkot Bukittinggi

PADANG- Bekerjasama dengan Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat, Pemerintah Kota Bukittinggi mengadakan Sosialisasi Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) Terintegrasi di Lingkungan Pemerintah Kota Bukittinggi, Rabu (13/10).

Bertempat di Kantor Wali Kota Bukittinggi, sosialisasi dihadiri oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat, Dessy Adin, Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar, Inspektur Kota Bukittinggi, Kepala OPD, dan peserta lainnya.

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat dalam sambutannya menyampaikan bahwa SPIP pada hakikatnya merupakan alat bagi pemerintah yang ditanamkan secara terintegrasi pada seluruh elemen struktur dan aktivitas organisasi untuk menjamin tercapainya efektivitas dan efisiensi pencapaian tujuan organisasi melalui prinsip-prinsip tata kelola yang mencakup peningkatan kapabilitas APIP, pengelolaan risiko, dan pengendalian korupsi sebagai satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. SPIP perlu terus menerus dikembangkan  melalui Penilaian Maturitas SPIP dan perbaikan berdasarkan area of improvement yang dihasilkan (continuous improvement).

Pada kesempatan yang sama, Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar, meminta BPKP Sumbar untuk membagikan ilmu, pengalaman, serta pemahaman kepada peserta sosialisasi, sehingga dalam pelaksanaan penilaian maturitas SPIP, Pemerintah Kota Bukittinggi dapat mencapai Level Maturitas yang lebih tinggi dari sebelumnya. Selain itu, peserta diharapkan dapat mengimplementasikannya dengan baik dalam pelaksanaan tugas. Acara dilanjutkan dengan paparan materi dari Tim BPKP Sumbar.

 

 Tim Kominfo BPKP Sumbar