Selamat Bertugas Kepala Perwakilan BPKP Sumbar

Padang (23/8)Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharulloh, menyaksikan langsung Serah Terima Jabatan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat dari Plt. Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat, Hendra Cipta, kepada Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat, Dessy Adin, di Auditorium Gubernur Sumatera Barat pada Senin, (23/8)

Mewakili Kepala BPKP, Deputi Kepala BPKP Bidang Investigasi, Agustina Arumsari, menyaksikan langsung terima jabatan tersebut. Dalam sambutannya, Agustina Arumsari berharap Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat yang baru dapat diterima sebagai mitra kerja, sehingga kerja sama yang telah berjalan dengan sangat baik selama ini antara Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dan stakeholders lainnya dapat terus dipertahankan dan ditingkatkan.

Sebagaimana arahan presiden, pemerintah daerah diharapkan dapat membuat kebijakan yang berfokus pada skala prioritas yang jelas. Hal ini harus sejalan dengan alokasi anggaran yang lebih fokus dan berkonsentrasi kepada hal yang bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Pemerintah daerah diharapkan fokus dalam mempercepat recovery kesehatan dan recovery ekonomi.

“Penerapan protokol kesehatan di berbagai kegiatan pemerintah dan masyarakat harus terus diawasi dan dipatuhi. Dukungan terhadap program vaksinasi juga harus dilakukan oleh pemerintah daerah. Dalam rangka recovery ekonomi, berbagai paket deregulasi dan kebijakan akan terus digulirkan untuk memberikan kemudahan bagi investasi. Pemerintah daerah diharapkan memberikan dukungan penuh terhadap investasi baru dengan tujuan menciptakan lapangan pekerjaan dan mempercepat pertumbuhan ekonomi”, ungkap Agustina Arumsari.

Deputi Kepala BPKP Bidang Investigasi juga menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Gubernur Sumatera Barat atas kepercayaannya untuk bekerja sama dan bersinergi dengan BPKP. BPKP sebagai Aparat Pengawasan Internal Pemerintah (APIP) sangat membantu pemerintah daerah melalui penugasan assuranse dan consulting. Dengan kepercayaan tersebut BPKP dapat melaksanakan tugas mengawal akuntabilitas pembangunan dan keuangan sehingga terasa bahkan dibutuhkan kehadirannya untuk secara nyata membawa manfaat.

Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharulloh berharap Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat dapat semakin bersinergi dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat beserta pemerintah kabupaten/kota di Provinsi Sumatera Barat dalam rangka mencapai mewujudkan tata kelola penyelenggaraan pemerintahan yang baik.

“Perwakilan BPKP sebagai Aparat Pengawasan Internal Pemerintah sangat membantu pemerintah daerah dalam memperbaiki pengelolaan keuangan daerah, peningkatan akuntabilitas BUMDes/BUMNag, peningkatan peran dan kinerja BUMD, penyelesaian permasalahan aset daerah, pengembangan kapabilitas APIP bagi Inspektorat Daerah, dan berbagai isu strategis lainnya, terlebih di masa pandemi Covid-19 saat ini, pemerintah dituntut untuk cepat bertindak namun perlu didukung dengan akuntabilitas yang baik” jelas Gubernur.

Pelantikan juga dihadiri Ketua DPRD Provinsi Sumatera Barat, Forkopimda Sumbar, Kepala Perwakilan BPK, Rektor Universitas Negeri Padang, dan Kepala Instansi Vertikal di wilayah Provinsi Sumatera Barat.

 

Tim Kominfo BPKP Sumbar