Bergerak Bersama Salurkan Bantuan Sosial Tunai (BST)

Padang (27/7)– Penyerahan Bantuan Sosial Tunai (BST) dan Bantuan Beras PPKM oleh Gubernur Sumbar dan Walikota Padang kepada KPM disaksikan Korwas P3A dan Tim Monitoring dari BPKP Sumbar di Kantor Pos Utama Padang, Selasa (27/7).

Dalam rangka meringankan beban masyarakat yang terdampak akibat Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat untuk menangani Covid19, Pemerintah memberikan bantuan dalam bentuk tunai (BST) dan beras (Bulog). Kegiatan penyerahan bantuan dilakukan langsung secara simbolis oleh Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi dan Wali Kota Padang, Hendri Septa, yang disaksikan oleh Perwakilan PT Pos, Bulog Kanwil Sumbar, Dinas Sosial, dan Kemensos serta Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat. Berdasarkan data dari Kemensos terdapat sekitar 18.560 KPM yang memperoleh Bantuan Sosial Tunai (BST) di Kota Padang. Bantuan yang diberikan berupa uang tunai sebesar Rp 600 ribu untuk bulan Mei dan Juni, serta beras 10 kg.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur Sumbar, Mahyeldi, menyampaikan bahwa bantuan tersebut merupakan wujud perhatian pemerintah terhadap masyarakat yang terdampak Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Gubernur juga mengajak masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan, meningkatkan imun serta meningkatkan Iman.

BPKP terus bergerak cepat mengawal Penyaluran BST maupun bantuan lain sesuai amanat Presiden untuk mengawal percepatan penanganan Covid19 terutama dalam masa PPKM Level IV. BPKP Sumbar terjun langsung ke lapangan untuk memastikan Penyaluran BST tepat jumlah, tepat waktu, tepat sasaran dan tepat mutu tentunya. Saat diwawancarai di lokasi, masyarakat yang menerima bantuan menyampaikan terima kasih yang mendalam atas bantuan pemerintah terhadap mereka yang terdampak PPKM di Kota Padang.

Demi mengindari kerumunan, PT Pos Indonesia membagi penyaluran bantuan berdasarakan kecamatan dan kelurahan. Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang hadir di titik pengambilan bantuan diwajibkan mematuhi protokol kesehatan.

 

Tim Humas BPKP Sumbar