Kepala BPKP Hadiri Uji Coba Aplikasi Bantuan Tunai Untuk Pedagang Kaki Lima dan Warung (BT-PKLW)

Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Menteri Perekonomian Airlangga Hartarto dan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati  untuk melihat secara langsung uji coba aplikasi dan sekaligus menyaksikan penyerahan Bantuan Tunai Untuk Pedagang Kaki Lima dan Warung (BT-PKLW) yang akan diserahkan oleh Kapolrestabes Medan dan Kapolda Sumatera Utara. Bantuan tunai yang disalurkan sebanyak 1,2 juta rupiah untuk setiap pelaku usaha.

 

‘’Hari ini saya sudah laporkan kepada bapak Presiden kemarin, saya dan ibu Menteri Keuangan hadir untuk uji coba. Nah kalau saat uji coba sistemnya sudah baik, nanti bapak Presiden akan me-launching’’, terang Menko Airlangga.

 

Selanjutnya,  Airlangga Hartarto memutuskan bahwa akan melakukan uji coba terhadap berapa lama sistem proses Bantuan Tunai Untuk Pedagang Kaki Lima dan Warung (BT-PKLW) menuju cair. ‘’Jadi kami putuskan untuk berproses supaya tadi harapan menjadi kenyataan. Kami akan uji coba berapa lama diproses dan pencocokan foto. Kemarin kan sudah difoto, setelah ini difoto kembali’’, ungkapnya

 

Selain itu, Airlangga menyarankan para pedagang untuk meminjam uang melalui bank untuk mengembangkan usahanya. "Kalau berani mengutang, jangan ngutang dari rentenir. Bunganya mahal. Pemerintah, ibu Menteri Keuangan ini udah ngasi dana untuk ngutang mulai dari 10 juta bunganya 3 persen, enggak bayar utang 6 bulan. Apalagi tadi saya lihat jualannya sudah lebih dari 1-2 tahun," jelasnya.

Para pejabat yang turut hadir diantaranya Gubernur Sumatera Utara Edi Rahmayadi, Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajekshah, Wali Kota Medan Bobby Nasution, dan Kabareskrim Mabes Polri.

 

Kominfo BPKP Sumut