Pemkot Medan Tingkatkan Koordinasi dengan BPKP Sumut

Medan – Kepala Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Sumatera Utara Kwinhatmaka melakukan kunjungan ke kantor Wali Kota Medan. Wali Kota Medan Bobby Nasution dan Wakil Wali Kota Medan Aulia Rachman menyambut kunjungan tersebut secara langsung di ruang pertemuan Wali Kota Medan, Rabu(28/07).

Selain menjalin silahturahmi, kunjungan tersebut juga bertujuan untuk meningkatkan koordinasi terkait penanganan kasus Covid-19. Saat ini Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Utara sedang melaksanakan monitoring terhadap Bantuan Sosial (Bansos) dari Pemerintah Pusat berupa Bantuan Sosial Tunai (BST) dan Bantuan Sosial Sembako dan juga Bantuan Sosial dalam rangka Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat yang berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Pemerintah Kota Medan.

Hasil monitoring atas Bansos yang berasal dari APBD Pemerintah Kota Medan telah dikomunikasikan dengan Kepala Dinas Sosial Kota Medan. Hal tersebut sesuai dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 21 Tahun 2021 tentang Penyediaan dan Percepatan Penyaluran Bantuan Sosial dan/atau Jaring Pengaman Sosial yang Bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah telah disosialisasikan kepada seluruh Pemerintah Daerah.

Bobby menyampaikan bahwa Pemerintah Kota Medan telah dan sedang melaksanakan program penanganan dampak COVID-19 baik dalam hal penanganan kesehatan, ekonomi, maupun jaring pengaman sosial. Namun demikian Bobby tetap mengharapkan bantuan dari Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Utara dalam rangka pendampingan penyusunan perencanaan.

Kwinhatmaka mengatakan BPKP siap mendampingi kota Medan dalam penanganan Covid-19

 

Kominfo BPKP Sumut