Dinas Pendidikan Aceh Siap Mendukung Evaluasi Tata Kelola Pendidikan di Wilayah Aceh

Banda Aceh - Arahan Presiden RI dalam pencapaian tujuan pendidikan dituangkan dalam Peraturan Presiden Nomor 122 Tahun 2020 tentang Pemutakhiran Rencana Kerja Pemerintah Tahun 2021 yang dijewantahkan dalam Prioritas Nasional 3 (PN3) “Meningkatkan SDM Berkualitas dan Berdaya Saing” pada Program Prioritas 4 (PP4) “Peningkatan Pemerataan Layanan Pendidikan Berkualitas” dan Kegiatan Prioritas 5 (KP5) “Peningkatan Tata Kelola Pendidikan”.

Dalam upaya memastikan kegiatan prioritas tersebut tercapai, Perwakilan BPKP Aceh melaksanakan monitoring dan evaluasi pelaksanaan kegiatan prioritas (KP) peningkatan tata kelola pendidikan di wilayah Aceh.

Pihak Dinas Pendidikan Aceh yang diwakili  Gamal Abdul Nasir, menyampaikan bahwa beberapa kondisi tata kelola pendidikan di Aceh masih memerlukan perbaikan. Penataan data pendidikan dalam satu aplikasi Data Pokok Pendidikan (Dapodik) telah berjalan cukup baik. Namun demikian memang perlu dilakukan penataan informasi capaian SPM Pendidikan Menengah dengan dukungan data Dapodik.

Hal yang  sama disampaikan plh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh, Marzuki. Penataan informasi pendidikan di Kementerian Agama dilakukan melalui Education Management Information System (EMIS) 4.0 yang merupakan suatu sistem pendataan pendidikan yang dikelola oleh Kementerian Agama.

Selama periode “Bulan Data Pendidikan Islam Tahun 2021”, setiap Satuan Pendidikan, Peserta Didik, serta Guru dan Tenaga Kependidikan di bawah naungan Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, diharapkan menyelesaikan pemutakhiran data EMIS Semester Genap TP 2020/2021 secara lengkap dan akurat, sampai dengan tahap penyelesaian Berita Acara Pendataan (BAP).

Dinas Pendidikan Aceh dan Kanwil Kementerian Agama Aceh siap mendukung tugas BPKP dengan penyediaan data dan informasi yang dibutuhkan. Beberapa kendala penyediaan informasi jika ditemukan dalam pelaksanaan penugasan ini akan disampaikan kepada BPKP Aceh pada kesempatan pertama.

Tim BPKP yang dipimpin Heri Purnama selaku Auditor Madya, mengutarakan bahwa evaluasi yang dilakukan BPKP bertujuan mengidentifkasi capaian permasalahan dan hambatan pelaksanaan Kegiatan Prioritas Peningkatan Tata Kelola Pendidikan dalam RKP Tahun 2019, Tahun 2020 dan sampai dengan Semester 1 Tahun 2021 yang dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah serta memberikan saran perbaikan untuk percepatan pencapaian target sasaran Kegiatan Prioritas Peningkatan Tata Kelola Pendidikan di Aceh.

 

 

(Kominfo Perwakilan BPKP Aceh)