BPKP Aceh Dampingi Uji Kuantitas dan Kualitas Paket Pekerjaan Peningkatan Jalan (MYC)

Gayo Lues - Tim Probity Audit BPKP Aceh terus melakukan pengawalan efektifitas dan efisiensi Paket Multi Years Contract (MYC) Aceh. Setelah pengawalan dalam penentuan harga dan volume paket pekerjaan, pengawalan diteruskan pada tahap pelaksanaan MYC yaitu pendampingan uji mutu dan volume hasil pelaksanaan paket pekerjaan.

Kali ini, paket peningkatan Jalan Gayo Lues - Tongra - Batas Abdya mendapat kesempatan untuk dilakukan uji mutu dan kuantitas. Kegiatan uji ini penting dilakukan lebih awal dalam rangka memberikan early warning atas setiap deviasi yang terjadi dalam pelaksanaan pekerjaan. Adapun jenis uji yang dilakukan diantaranya tes pit, urpil, AGREGAT B, Core Drill, AC-BC, AC-WC dan Hamer test.

Setiap deviasi yang ditemukan lebih awal, bermanfaat bagi penyedia agar segera melakukan perbaikan pekerjaan agar sesuai standar/kontrak. Sedangkan bagi pihak PUPR dapat menggunakan hasil identifikasi capaian mutu dan volume ini untuk menentukan langkah-langkah lanjutan untuk memastikan pekerjaan agar sesuai standar mutu, ketepatan volume dan waktu pelaksanaan pekerjaan.

Seiring menjelang berakhirnya tahun anggaran 2021, kedua belah pihak baik rekanan penyedia maupun pemilik pekerjaan (Dinas PUPR Aceh) untuk segera melakukan langkah-langkah antisipatif agar progress pekerjaan dapat direalisasikan sesuai target.

 

(Kominfo Perwakilan BPKP Aceh)