BPKP Kawal Penyaluran Bansos PKH Tahap III Tahun 2021 di Aceh

Aceh Utara - Perwakilan BPKP Aceh melaksanakan kegiatan monitoring atas penyaluran bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH) Tahap III Tahun 2021 di wilayah Aceh sebagaimana telah dilakukan juga pada penyaluran tahap-tahap sebelumnya.

Sebagai upaya percepatan penanggulangan kemiskinan, sejak tahun 2007 Pemerintah Indone­sia telah melaksanakan PKH. PKH merupakan program pemberian bantuan sosial bersyarat kepada Keluarga Miskin (KM) yang ditetapkan sebagai keluarga penerima manfaat PKH.

Tim monitoring Perwakilan BPKP Aceh melakukan uji petik monitoring penyaluran PKH Tahap III Tahun 2021 pada keluarga penerima manfaat (KPM) PKH di Kabupaten Aceh Utara yang telah dilaksanakan mulai tanggal 5 s.d 8 Oktober 2021.

Tim Monitoring BPKP Aceh dalam pelaksanaan tugas di lapangan didampingi oleh Kepala Bidang Linjamsos Dinas Sosial Kabupaten Aceh Utara, dan Koordinator Kabupaten (Korkab), Kordinator Kecamatan (Korcam) dan Pendamping Program PKH.

Tujuan BPKP melakukan monitoring penyaluran PKH untuk memantau progres/kemajuan penyaluran PKH Tahap III. Selain itu, juga untuk mengidentifikasi kelemahan/hambatan dalam pelaksanaan program. Selanjutnya, BPKP Aceh memberikan rekomendasi perbaikan agar tercapai tujuan penyaluran Bantuan Sosial Program Keluarga Harapan (PKH).

Dalam pelaksanaannya, dijumpai hambatan adanya keterlambatan penyaluran bantuan kepada KPM akibat pergantian Bank Penyalur dari konvensional ke syariah sehingga harus dilakukan proses penggantian buku tabungan dan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) baru yang juga berfungsi sebagai kartu ATM kepada semua KPM PKH di Aceh yang sampai dengan saat ini masih dilakukan proses distribusi buku tabungan/KKS oleh pihak Bank.

 

 

(Kominfo Perwakilan