BPKP Bimbing APIP Lakukan Audit Kinerja Tematik Pembangunan Destinasi Pariwisata

Takengon - BPKPselaku pembina Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) mempunyai tanggung jawab untuk melakukan pembinaan kapabilitas APIP. Pembinaan Kapabilitas APIP dilaksanakan melalui peningkatan kompetensi SDM, salah satunya di Inspektorat Kabupaten Aceh Tengah melaluikegiatan Bimbingan Teknis Audit Kinerja Berbasis Risiko Tematik Pembangunan Destinasi Pariwisata. (6/10)

Bimbingan teknis yangdilaksanakan mulai tanggal 28 s.d 29 September 2021 bertempat di Aula Inspektorat Kabupaten Aceh Tengah. Tujuan diadakanbimtek ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan kompetensi SDM APIP dalam melaksanakan tugas– tugaspengawasan. Sehingga, diharapkan APIP daerah dapat memberikan value kepada organisasi melalui rekomendasi-rekomendasi strategis yang dapat meningkatkan pembangunan destinasi pariwisata dalam rangka meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah.

Bimtek dibuka oleh Sekretaris Inspektorat Aceh Tengah, Jeffridin Siregar yang menyampaikan overview mengenai pembangunan destinasi pariwisata. Pariwisata merupakan salah satu sektor pembangunan yang dapat memacu pertumbuhan ekonomi suatu wilayah, pariwisata dapat dianggap sebagai aset strategis untuk mendorong pembangunan di daerah yang mempunyai potensi pariwisata.

Tujuan pembangunan kepariwisataan dalam aspek pembangunan destinasi pariwisata yaitu untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas destinasi pariwisata yang mencakup destinasi pariwisata yang aman, nyaman, menarik, mudah dicapai, dan meningkatkan pendapatan nasional dan masyarakat.

Dalam rangka mendukung pembangunan destinasi pariwisata di daerah yang bersumber dana APBD tidak dapat dilakukan oleh satu perangkat daerah saja melainkan memerlukan dukungan dan koordinasi dari perangkat daerah lain dalam membangunan pariwisata. Oleh karena itu diperlukan pembangunan destinasi pariwisata terintegrasi dan berkelanjutan yang bersifat lintas sektoral.

Salah satu pihak yang terlibat adalah APIP Daerah. APIP daerah memiliki peran dan unit kerja yang sangat strategis baik ditinjau dari aspek fungsi dan tanggung jawab dalam manajemen maupun dari segi pencapaian visi dan misi serta program-program strategis pemerintah daerah. Untuk mengawal program strategis pemerintah daerah tersebut diperlukan Sumber Daya Manunisa (SDM) APIP yang kompeten dan handal dalam melaksanakan kegiatan pengawasan.

 

(Kominfo Perwakilan BPKP Aceh)