Rapat Penyelesaian Distribusi Tanah kepada Masyarakat di Kab. Abdya

Banda Aceh – Bertempat di Ruang Rapat Kepala Perwakilan BPKP Aceh dilaksanakan pertemuan antara Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya, BPN, dan BPKP Perwakilan Aceh untuk membahas tindak lanjut penyelesian atas distribusi Tanah Objek Reforma Agraria (TORA) dan plasma. (5/10)

Kepala Perwakilan BPKP Aceh Indra Khaira Jaya diminta untuk memediasi penyelesaian atas distribusi Tanah Objek Reforma Agraria (TORA) dan plasma dan Kabupaten Abdya oleh Bupati Kab. Abdya.

Menindaklanjuti permintaan bupati tersebut, Kepala Perwakilan bersama tim BPKP menfasilitasi rapat gabungan yang dihadiri langsung oleh Bupati dan Wakil Bupati serta Sekretaris daeran OPD terkait bersama dengan Forum Koordinasi Pimpinan Kabupaten (Kajari, Kapolres, Dandim, Pengadilan Negeri dan pimpinan DPRD).

Dalam rapat tersebut, Kepala Perwakilan Indra Khaira Jaya turut mengundang pihak BPN Kanwil Provinsi Aceh sebagai pihak yang memiliki wewenang dalam penyelesaian pemanfaatan TORA dan plasma di Kabupaten Abdya.

Rapat yang dilangsungkan di Ruang Rapat Kepala Perwakilan BPKP Aceh ini menghasilkan simpulan strategis untuk bersama – sama menindaklanjuti, diantaranya pertama, pemahaman putusan MA atas proses hukum terhadap proses tanah tersebut.

Kedua, semua pihak terkait bersepakat dan mendukung untuk dilakukan aksi pendistribusian tanah kepada masyarakat sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku sebagaimana yang diatur dalam SK Menteri ATR/KABPN.

Ketiga, pihak yang bersangkutan melakukan koordinasi dengan pemegang HGU untuk penyelesaian ganti rugi atas tanaman yang ada di lahan objek distribusi.

Menutup rapat pagi ini, Bupati Abdya dan peserta rapat mengucapkan apresiasi dan terima kasih kepada BPKP Aceh yang telah menindaklanjuti dan memfasilitasi penyelesaian masalah TORA dan plasma dan berkomitmen untuk melakukan aksi yang produktif dan implementatif sebagaimana diatur dalam SK Menteri ATR/KABPN dan ketentuan terkait lainnya.

 

 

(Kominfo Perwakilan BPKP Aceh)