Tandatangani MoU, BPKP & IAIN Langsa Berkomitmen Wujudkan Good University Governance

Banda Aceh – Bertempat di Aula Lantai 3 Perwakilan BPKP Aceh dilaksanakan Penandatanganan Nota Kesepahaman antara Institut Agama Islam Negeri Langsa dengan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Perwakilan Aceh tentang Penyelenggaraan Tata Kelola Perguruan Tinggi yang baik pada Kamis, 26 Agustus 2021.

Mengawali sambutannya, Kepala Perwakilan mengatakan bahwa tujuan MoU sangat tepat dan bertujuan strategis dalam upaya membagun dua pilar penting yaitu pilar pertama mengenai maturitas Sistem Pengendalian Internal. Akan sulit jika ingin menjadi Universitas dapat berkiprah dibidang pendidikan, penilitian dan pengabdian kepada masyarakat dapat diwujudkan dengan baik  jika tidak didukung sistem pengendalian yang baik dan berkualitas baik secara soft maupun hard control, karena hampir seluruh permasalahan yang ditemui oleh APH, auditor internal dan eksternal disebabkan oleh lemahnya sistem pengendalian internal.

Pilar kedua, kata Indra adalah perlunya diperkuat  unit pengendalian internnya. IAIN Langsa sudah mempunyai Satuan Pengendalian Internal (SPI). Untuk memperkuat SPI ini, IAIN dapat berkerjasama dengan BPKP dalam meningkatkan kapabilitas SPI, sumber daya manusianya, karena dengan SPI yang kuat akan mampu untuk mendeteksi fraud, mengawal kinerja dan tatakelola keuangan serta pengadaan barang dan jasa.

Dengan adanya nota kesepahaman ini dapat memperkuat sinergitas kerjasama diantara IAIN Langsa dan Perwakilan BPKP Aceh. IAIN Langsa berharap BPKP Aceh dapat memberikan atensi dalam rangka mewujudkan Good University Governance melalui pendampingan keuangan, aset, SDM, dll.

Oleh karena itu, Kepala Perwakilan menegaskan bahwa BPKP siap untuk mendorong dan mendampingi IAIN Langsa untuk mewujudkan tata kelola perguruan tinggi yang baik (good university governance).

Harapan dan arahan Kepala perwakilan BPKP Aceh tersebut di sambut baik oleh Rektor IAIN Langsa Dr Basri MA dan berkomitmen untuk mengimplememtasikannya dengan sinergi dan kalaborasi bersama BPKP Aceh.

 

(Kominfo Perwakilan BPKP Aceh)