Tingkatkan Kapabilitas APIP Level 3, Inspektorat Aceh Besar Gandeng BPKP Aceh

Aceh Besar - “Untuk menuju level 3, tidak hanya peran BPKP yang aktif mendorong APIP, namun kerjasama dari Inspektorat sangatlah penting sebagai kunci sukses dalam pencapaian kapabilitas APIP Level 3”, demikian yang disampaikan oleh Koordinator Pengawasan Kelompok JFA Bidang P3A BPKP Aceh pada kegiatan pembukaan Bimbingan Teknis Kapabilitas APIP Level 3 pada Inspektorat Kabupaten Aceh Besar (Selasa, 24 Agustus 2021).

Menindaklanjuti Surat Permintaan dari Inspektur Aceh Besar tentang Permohonan Pemateri Bimtek dan Pendampingan Kapabilitas APIP Level 3, Tim Perwakilan BPKP Aceh melakukan Bimbingan Teknis Kapabilitas APIP Level 3 pada Inspektorat Kabupaten Aceh Besar. Bimtek dilaksanakan mulai tanggal 24 Agustus sampai dengan 26 Agustus 2021 di Gedung Dekranasda Kabupaten Aceh Besar. Kegiatan di bukaoleh Korwaspok JFA Bidang P3A, Salwina Adiyanti dengan didampingi tim danInspektur Aceh Besar, Zia Ul Azmi, SH serta dihadiri oleh peserta bimtek yang merupakan calon Satuat Tugas Kapabilitas APIP di Inspektorat Aceh Besar.

Dalam sambutannya, Inspektur Aceh Besar menyampaikan bahwa Kapabilitas APIP ini adalah cita-cita yang sudah lama dimulai oleh Inspektorat Kabupaten Aceh Besar, namun sampai dengan saat ini belum membuahkan hasil. Kapabilitas APIP merupakan sebuah ukuran kualitas dari Inspektorat dan dengan tercapainya Level 3 juga dapat membawa nama baik daerah.

Secara kuantitas, jumlah SDM di Inspektorat Aceh Besar sudah memadai, sehingga bimtek ini diharapkan dapat menjadi langkah awal untuk mencapai Kapabilitas APIP Level 3. Peserta yang hadir mengikuti bimtek ini merupakan orang-orang pilihan yang ditunjuk oleh pimpinan APIP untuk menjadi tim/Satgas Kapabilitas APIP. Sebelumnya, tim ini sudah diberikan tugas untuk melakukan studi banding ke Inspektorat Kabupaten Aceh Utara dan telah mendapatkan contoh-contoh dokumen dari Aceh Utara.

Salwina Adiyanti merespon positif atas permintaan dari Inspektorat Aceh Besar untuk melakukan bimbingan teknis dan pendampingan Kapabilitas APIP Level 3. Korwas P3A menyampaikan posisi capaian Kapabilitas APIP Level 3 Pemerintah Kabupaten/Kota di Wilayah Aceh sampai dengan Agustus Tahun 2021 sebanyak 7 APIP dari 23 Kabupaten/Kota, dan untuk Inspektorat Kabupaten Aceh Besar masih berada pada posisi Level 2. Sehingga bimtek ini diharapkan sebagai langkah awal untuk mencapai Kapabilitas APIP Level 3.

“Inspektorat merupakan alat atau tangan kanan kepala daerah yang dapat diandalkan untuk memberikan atensi maupun pencegahan fraud di daerahnya. Sehingga Inspektorat dituntut untuk selalu meningkatkan kapabilitasnya” ujar Salwina. Selain itu Salwina menekankan bahwa untuk menuju level 3, tidak hanya peran BPKP yang aktif mendorong APIP, namun kerjasama dari Inspektorat sangatlah penting sebagai kunci sukses dalam pencapaian kapabilitas APIP Level 3.

Untuk itu, tim Satgas Kapabilitas APIP pada Inspektorat Aceh Besar disarankan untuk sebaiknya membuat jadwal untuk penyelesaian dokumen. Sedangkan tim bimtek dari Perwakilan BPKP Aceh dapat membantu melakukan pemetaan atas dokumen-dokumen infrastruktur yang dapat dipenuhi.

Pengendali Teknis Bidang P3A Perwakilan BPKP Aceh, Jufridani menambahkan bahwa bimtek ini merupakan langkah awal untuk menuju Kapabilitas APIP Level 3, tidak semerta-merta dengan sekali pertemuan ini dapat langsung mencapai Level 3. Bimtek juga akan dilakukan tidak hanya menyampaikan materi, tapi langsung membina untuk menghasilkan infrastruktur apa saja yang dapat dipenuhi dalam rangka mencapai Kapabilitas APIP Level 3.

“Sebagus apapun tim yang diturunkan oleh Perwakilan BPKP Aceh, jika tidak diimbangi dengan komitmen dan kerjasama dari tim Inspektorat yang baik maka tidak akan bisa mencapai Kapabilitas APIP level 3.” ungkap Jufridani.  Untuk itu, Inspektorat Kabupaten Aceh Besar diharapkan dapat menjalin kerjasama yang baik dan pro aktif berkomunikasi dengan tim Perwakilan BPKP Aceh demi mewujudkan Kapabilitas APIP Level 3.

 

 

(Kominfo Perwakilan BPKP Aceh)