BPKP Aceh Kawal Penyaluran BST Tahun 2021 Kab. Aceh Barat

Aceh Barat - Tim BPKP Aceh turun langsung ke Kantor Pos Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat untuk memastikan penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) Periode Pembayaran Bulan Mei-Juni 2021 tepat sasaran sampai kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Alokasi/daftar nominatif KPM BST pada Kantor Pos Meulaboh yang telah diterima dari Pos Pusat s.d 19 Juli 2021  adalah sebanyak 1.792 KPM di 7 kecamatan di Aceh Barat, dengan realisasi penyaluran per tanggal 18 Juli 2021 (hari pertama penyaluran) adalah sebanyak 86 KPM, sedangkan untuk penyaluran BST pada tanggal 19 Juli ditargetkan kepada 120 KPM di Kecamatan Johan Pahlawan Aceh Barat. Sedangkan untuk 6 kecamatan di Aceh Barat penyaluran BST rencananya dilaksanakan mulai pada tanggal 21 Juli 2021 setelah Hari Raya idul Adha.

Penyaluran BST di Kantor Pos Meulaboh saat ini merupakan penyaluran periode Bulan Mei-Juni 2021 atau 2 bulan senilai Rp600.000,00 per Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang dilaksanakan mulai hari Minggu tanggal 18 Juli 2021 dengan tetap memperhatikan dan menerapkan protokol kesehatan selama proses penyaluran/pembayaran BST.

Tim monitoring juga melakukan wawancara dengan beberapa penerima BST dan petugas loket pembayaran BST di Kantor Pos Meulaboh secara on the spot serta pengambilan foto dokumentasi proses penyaluran BST.

Berdasarkan hasil wawancara dengan KPM BST dan juga petugas Pos, bahwa undangan/pemberitahuan penyaluran BST (dengan barcode) diedarkan langsung oleh Pos kepada perangkat desa, selanjutnya perangkat desa memberitahukan kepada warga penerima BST untuk datang mengambil bantuan di Kantor Pos.

Undangan/pemberitahuan tersebut wajib dibawa oleh KPM bersangkutan beserta KTP ke loket pembayaran untuk di scan barcode dan pencocokan data dan foto KPM BST sebelum dilakukan pembayaran oleh petugas loket pembayaran.

 

(Kominfo Perwakilan BPKP Aceh)