Jelang Hari Raya Idul Adha, BPKP Serahkan Hewan Qurban untuk Pulau Breueh

Banda Aceh - Menjelang Hari Raya Idul Adha 1442 H Perwakilan BPKP Aceh telah mempersiapkan 8 ekor hewan untuk qurban. Dua diantaranya, telah disalurkan untuk warga di Pulau terluar Aceh yaitu Pulau Breueh pekan lalu.

menjadi salah satu sunnah yang dilakukan umat Islam di bulan Dzulhijjah. Qurban dianjurkan kepada setiap umat islam yang mampu karena mengandung hikmah dan keutamaan. Hal itu sesuai dengan hadits riwayat Tirmidzi bahwa qurban bisa meningkatkan pengorbanan untuk kepentingan agama Allah dan menenangkan jiwa.

Ditengah pandemi yang tak kunjung selesai ini, BPKP ingin hadir peduli dan memberikan manfaat dengan semangat berqurban kepada masyarakat di wilayah Aceh. Tahun ini BPKP Aceh meningkat dari tahun sebelumnya yang berqurban sebanyak 5 ekor sapi, tahun ini bisa mencapai 8 ekor sapi.

Pada Hari Raya Idul Adha, diperingati peristiwa qurban dimana Nabi Ibrahim bersedia untuk mengorbankan putranya untuk Allah SWT. Melihat pengorbanan Nabi Ibrahim, Allah kemudian mengganti anaknya dengan seekor domba ketika waktu penyembelihan tiba.

Kata qurban berasal dari Bahasa Arab “Qariba” yang berarti dekat atau mendekatkan. Qurban dimaksudkan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, dengan mengerjakan sebagian perintah-Nya. Dalam qurban, dikenal juga istilah udlhiyyah yang merupakan nama untuk hewan qurban yang disembelih pada hari raya qurban. Selain itu, terdapat juga kata tadlhiyyah digunakan sebagai makna berqurban atau melakukan qurban.

 

(Kominfo Perwakilan BPKP Aceh)