BPKP Sampaikan Laporan Hasil Pengawasan Tahun 2020 Kepada Gubernur Aceh

Banda Aceh (4/3) - Dalam kesibukan Gubernur akhir-akhir ini, Kepala Perwakilan BPKP Aceh beraudiensi dengan Gubernur Aceh pada Kamis Malam, bertempat di Rumah Dinas Gubernur di Banda Aceh.  Substansi bahasannya adalah Penyerahan Laporan Hasil Pengawasan Tahun 2020 dan pembahasan issue strategis tentang Dana Otsus dan persoalan hukum atas pengelolaan keuangan dan pembangunan daerah serta atensi atas pengawasan proyek multiyears kepada Gubernur Aceh.

Dalam audiensi tersebut Kepala Perwakilan BPKP Aceh Indra Khaira Jaya didampingi oleh Koordinator Pengawasan JFA Bidang P3A Salwina Adiyanti dan Koordinator Pengawasan JFA Bidang Investigasi Ambal Riyanto. Gubernur Aceh Nova Iriansyah didampingi oleh Inspektur Aceh, Zulkifli.

Kehadiran Kepala Perwakilan ini disamping menyerahkan fisik laporan dan atensi juga menjelaskan secara langsung substansi laporan dan atensi dan rekomendasi serta saran strategis yang harus ditindaklanjuti oleh Pemda Aceh agar tatakelola keuangan dan pembangunan di Aceh berjalan lebih baik dan terhindar dari masalah hukum.

Kepala Perwakilan lebih lanjut menyampaikan bahwa BPKP Aceh pada Tahun 2020 telah melaksanakan pengawasan atas akuntabilitas pengelolaan keuangan dan pembangunan daerah terhadap unit kerja di Pemerintah Daerah se wilayah Aceh. Pengawasan yang meliputi pengawalan proyek strategis, pengawasan multy years contract, pengawasan atas pelayanan air bersih kepada publik, program kedaulatan pangan, pengawasan pada bidang pendidikan, kesehatan, pengelolaan keuangan desa, pengawalan dalam peningkatan ruang fiskal, pengaman aset negara/ daerah, dan pengawalan dalam rangka peningkatan kualitas sistem tata kelola.  Atas issue strategis lainnya ttg belum efektifnya penggunaan Dana otsus dengan banyaknya penyimpangan dan tetsangkut hukum yang perlu menjadi perhatian semua pihak.

Gubernur Aceh menyambut hangat dan merespon secara positif serta mengucapkan terima kasih kepada BPKP yang telah membantu Pemerintah Daerah dalam mengupayakan terwujudnya visi dan misi Aceh, berkomitmen untuk memperhatikan dan menindaklanjuti saran, masukan dan rekomendasi BPKP. Lebih lanjut Gubernur berharap komunikasi terus dibina dan kerja sama semakin digencarkan.

Selanjutnya, Kepala Perwakilan menyampaikan bahwa BPKP siap selalu hadir di ruang – ruang pengawasan terhadap akuntabilitas pengelolaan keuangan dan pembangunan di Aceh.  “Kami (BPKP) selalu siap sedia membuka ruang komunikasi seluas – luasnya untuk berkoordinasi perihal perbaikan – perbaikan untuk Aceh pak” ujar Indra Khaira Jaya kepada Gubernur. “BPKP juga selalu ingin hadir dan memberikan bermanfaat bagi Aceh” sambungnya.

 

(Kominfo Perwakilan BPKP Aceh)