Efektifkan Reviu LAKIP, BPKP Adakan Diklat untuk Inspektorat se-Aceh

Banda Aceh (23/2) - Memenuhi harapan dan tuntutan pemerintahan di wilayah Aceh untuk meningkatkan sistem informasi kinerja pemerintahan daerah dan kualitas reviu laporan kinerja oleh Inspektorat, BPKP Aceh bersama pusdiklatwas BPKP mengadakan diklat reviu laporan kinerja pemerintah daerah dengan metode tatap muka di Kantor Perwakilan BPKP Aceh.

Diklat dibuka pada hari Selasa, 23 Februari 2021 yang dihadiri oleh Kepala Biro MKOT, Inspektur Aceh, Inspektur kota Banda Aceh, Inspektur Aceh Besar dan Inspektur lainnya se wilayah Aceh melalui media virtual.

Dalam sambutannya Kepala Biro MKOT, A,di Veri Darma menyampaikan bahwa proses pembelajaran dengan pendekatan sharing session dan kolaborasi pengalaman antara pemerintah daerah dengan BPKP akan mewujudkan auditor yang mampu mereviu sekaligus membimbing dan mewujudkan perbaikan sistem dan akuntabilitas kinerja di pemda .

Kepala Perwakilan BPKP Aceh, Indra Khaira Jaya pada saat membuka diklat menyampaikan latar belakang diadakan diklat ini karena masih perlunya upaya peningkatan skor kinerja daerah, kompetensi tenaga auditor dalam mereviu LAKIP dan mewujudkan harapan pemimpin daerah untuk mengimplementasikan salah satu area reformasi birokrasai yaitu peningkatan kinerja akuntabilitas pemda dan pelayanan publik dalam upaya mewujudkan visi menyejahterakan masyarakat.

Lebih lanjut Indra Khaira mengharapkan kerja sama yang baik antara peserta dan instruktur untuk berfokus pada substansi SAKIP dan LAKIP sehingg diperoleh solusi – solusi atas permasalahan perbaikan kinerja akuntabilitas pemda selama ini.

Dalam arahan penutup kepala perwakilan berharap peserta tetap menjaga protokol kesehatan agar pelaksanaan diklat berjalan dengan baik dan diklat berikutnya bisa diwujudkan dalam meningkatkan kapabilitas SDM APIP di wilayah Aceh.

Inspektur Aceh sebagai pihak yang mewakili Inspektorat Aceh mengucapkan terimakasih atas fasilitas yang diberikan oleh BPKP dan berharap kepada peserta untuk bersungguh - sungguh dalam mengikuti diklat agar dapat diimplementasikan ilmu di unit kerja masing - masing. Sehingga upaya peningkatan kualitas dan skor LAKIP daerah dapat ditingkatkan.

Kegiatan diklat ini dilangsungkan selama empat hari kedepan dengan instruktur dari Pusdiklatwas BPKP dan pejabat di lingkungan BPKP Aceh yang diikuti oleh Inspektorat se-wilayah Aceh. Adapun materi utama dalam diklat ini ialah tata cara reviu, analisis data, penyusunan kertas kerja dan laporan hasil reviu atas kinerja pemerintah daerah.

 

(Kominfo Perwakilan BPKP)