Kick Off Pengawasan Program PEN Pada Sektor Perbankan

Kepala Perwakilan BPKP Aceh bersama jajaran bidang Akuntan Negara ikut serta dalam kegiatan kick off pengawasan program PEN di sektor perbankan. Kegiatan dihadiri oleh Deputi Kepala BPKP Bidang Akuntan Negara, Bonny Anang Dwijanto, pihak perbankan dalam Asosiasi Himpunan Bank - Bank Milik Negara (Himbara) dan menghadirkan Ketua Asosisasi Bank Pembangunan Daerah yang dalam hal ini diwakili oleh BPD Jawa Barat.

Disamping mendengarkan arahan Deputi, pihak perbankan difokuskan kepada empat topik penting. Adapun topik bahasan dalam acara tersebut yakni :

Pertama, Penempatan dana pemerintah di sektor perbankan.

Kedua, Pemberian kredit subsidi bunga / subsidi margin untuk kredit/ pembiayaan Usaha Mikro, Usaha Kecil dan Usaha Menengah (UMKM).

Ketiga, topik pengawasan menyangkut tambahan subsidi bunga/ subsidi margin bagi pemerima Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Keempat, Penjaminan pemerintah melalui bahan usaha penjaminan.

Semua topik tersebut merupakan objek pengawasan yang dilakukan oleh BPKP sebagai perwujudan dukungan atas program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang turut melibatkan unsur perbankan.  Dalam kesempatan ini, semua pihak berkomitmen untuk memberikan pelayanan dan peran masing – masing pihak untuk kesuksesan program PEN sebagai upaya penyelamatan ekonomi Indonesia dari tekanan resesi ekonomi.

Perwakilan BPKP Aceh sebagai bagian dari unsur yang dituntut melakukan pengawasan disektor Program PEN juga berkomitmen untuk menyiapkan tim terbaiknya dalam melaksanakan amanah yang strategis ini, Hal ini sebagai wujud kontribusi BPKP membantu program pemerintah untuk meningkatkan kemampuan pelaku ekonomi khususnya sektor ekonomi mikro, usaha kecil dan usaha menengah. Langkah ini bertujuan untuk memperkuat daya saing dan ikut mengambil peran pertumbuhan ekonomi di Aceh yang saat ini juga terpengaruh akibat merebahnya wabah Covid-19.

 

 

(Kominfo Perwakilan BPKP Aceh)