Pemko Sabang Konsultasikan Tata Kelola Aset

Dalam pertemuan tersebut, Zakaria menyampaikan apresiasi kepada BPKP Aceh yang selama ini sudah memberikan bantuan berupa asistensi dan konservasi terhadap pengelolaan keuangan dan pembangunan di Kota Sabang.

Zakaria juga menyampaikan harapan kepada Kepala Perwakilan untuk terus memberikan kesempatan konsultasi dari SKPD – SKPD teknis yang mengelola keuangan dan pembangunan dalam bentuk pendampingan dan pendapat serta saran agar pelaksanaan kegiatan pembangunan di Sabang sesuai dengan peraturan perundang – undangan yang berlaku yang pada akhirnya terbebas dari masalah hukum.

Pada kesempatan tersebut, Zakaria mewakili Walikota Sabang juga meminta pendapat sekaligus mendiskusikan tentang tata kelola aset yang menurut hasil audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) perlu mendapat perhatian yang lebih serius karena masih terdapat aset – aset yang pencatatan dan legalitas serta penilaiannya perlu diupdate.

Atas apresiasi dan harapan sekda dan diskusi yang dilakukan selama pertemuan berlangsung, Kepala BPKP Aceh Indra Khaira Jaya menyimpulkan bahwa kedepan pengelolaan aset Kota Sabang agar terhindar dari persoalan hukum dan catatan negative dari BPK memerlukan upaya kolaborasi antara pemda sabang dengan BPKP dengan saran SIMDA BUMD dan Keuangan yang sudah digunakan selama ini, untuk diupdate ke versi terbaru, baik tentang aplikasi yang ada dengan versi terbaru .

Selain itu perlu memperbanyak pihak – pihak yang memahami pengoperasional aplikasi tersebut dengan dukungan room material berupa aset- aset yang sudah diperbaiki administrasi, legalitas dan penguasaannya menggunakan metode sensus sebagaimana diatur dalam peraturan Menteri dalam Negeri.

Untuk melaksanakan kegiatan tersebut, BPKP berkomitmen untuk memberikan bantuan tenaga, pikiran dan usulan solusi yang terbaik agar tata kelola aset Pemko Sabang menjadi lebih baik dan sesuai dengan ketentuan perundang – undangan yang berlaku.

Atas respon dan komitmen Kepala BPKP Aceh tersebut, Zakaria menyambut dengan baik sekaligus mengundang Indra untuk dapat datang berkunjung ke Kota Sabang melihat secara langsung pembangunan dan tata kelola keuangan Kota Sabang.

 

(Kominfo Perwakilan BPKP Aceh)