Pusinfowas Gelar Workshop TI Secara Daring

Jakarta (11/5). Di tengah masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, instansi pemerintah di manapun di dunia ini dihadapkan dengan tuntutan untuk tetap menyelenggarakan urusan pemerintahan dan memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan sebaik-baiknya, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Di sisi lain, alokasi anggaran sesuai kebijakan Pemerintah, telah diarahkan untuk tiga sektor utama yaitu kesehatan, jaring pengamanan sosial, dan pemulihan ekonomi, sehingga atas kegiatan-kegiatan yang sebelumnya telah direncanakan harus ditiadakan atau harus mengalami penyesuaian. Salah satunya, adalah penyelenggaraan workshop ke-TI-an, dimana sebelumnya diselenggarakan secara tatap muka di ruang workshop Pusinfowas, harus masuk ke dalam “kenormalan yang baru”. 

 

Oleh karena itu, Pusinfowas mulai tanggal 4 Mei 2020 lalu, kembali menyelenggarakan Workshop TI, namun kali ini ada yang berbeda, yaitu workshop dilakukan secara daring (online) dengan menggunakan fasilitas aplikasi video konferensi jarak jauh.  Peserta workshop yang sebagian besar berasal dari Perwakilan BPKP di seluruh Indonesia, tidak perlu hadir secara fisik di dalam ruang workshop, namun cukup dari ruang kerja masing-masing secara interaktif atau dari rumah bagi pegawai yang sedang menjalani Work from Home (WFH).
 
Workshop Online merupakan sebuah inovasi terbaru dari Pusinfowas dalam meningkatkan pengetahuan dan kompetensi terkait teknologi informasi bagi seluruh pegawai BPKP di tengah masa pandemi Covid-19. Materi workshop cukup beragam, meliputi: pelayanan TI secara online, antisipasi keamanan zoom via host, setting video conference BPKP, animated infographic, canva application, augmented infographic, dan penyusunan SKP dengan ST/SKI, yang kesemuanya sangat diperlukan oleh organisasi. Terlebih dalam mengantisipasi era IT Based Supervisory, seluruh komponen BPKP harus bersiap diri sesegera mungkin, di tengah masa pandemi Covid-19 dan keterbatasan anggaran pemerintah. Ke depannya kegiatan ini akan terus dilaksanakan dan disempurnakan sebagai bagian dari peningkatan kompetensi pegawai,  khususnya bagi para pranata komputer dan auditor pada umumnya di seluruh unit kerja.
Materi pembelajaran yang tersimpan di dalam owncloud juga terjamin keamanannya. tidak perlu khawatir kebocoran materi karena sistem yang digunakan sudah benar-benar aman. Data-data peserta workshop online juga bisa didapatkan dengan mudah, termasuk jumlah jam pelatihan yang diikuti. Dan materi juga dapat kembali diunduh kapan pun dibutuhkan 
Manfaat yang dapat diperoleh dengan diselenggarakannya workshop TI secara daring:
  • Materi workshop mudah diunduh pelatihan kapan saja dan dari mana saja, tidak terbatas pada ruang dan waktu.
  • Sistem cloud yang digunakan sudah terjamin keamanannya, sehingga data-data peserta dan data data internal terjaga dengan baik.
  • Memperbesar peluang pegawai untuk memperoleh ilmu pengetahuan dan kompetensi terkini seputar teknologi informasi.
  • Meningkatkan efisiensi dan efektivitas juga produktivitas masing-masing pegawai.
 
Pandemi covid-19 bukan alasan untuk tidak produktif, tetap semangat dalam berkarya.  Online workshop adalah resep cerdas saat pandemi covid-19. Salam “Make IT Happen”! (Rs/Ys).