Berita Seputar BPKP dan Pengawasan

LAN Serahkan Sertifikat Akreditasi Diklat Sertifikasi JFA Kepada BPKP
27 Juli 2005 00:00:00 / ekobayong / dibaca: 597 kali / Kat: Audit
Hal itu disampaikan Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan, Drs. Arie Soelendro, pada acara penyerahan surat keputusan dan sertifikat akreditasi pendidikan dan pelatihan (diklat) sertifikasi Jabatan Fungsional Auditor dari Lembaga Administrasi Negara (LAN) kepada Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pengawasan BPKP pagi ini, Rabu (27/7-2005) di Aula Gedung BPKP, jalan Hayam Wuruk 7, Jakarta Pusat.
Lebih lanjut disampaikan Arie Soelendro bahwa sinergi di antara unit pengawasan internal sangat penting untuk segera dilakukan, terutama menghadapi pelaksanaan Undang-undang Nomor 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara, Undang-undang Nomor 1 Tahun 2004 tentang Perbendaharaan Negara dan Undang-undang Nomor 15 tentang Pemeriksaan Pengelolaan dan Tanggungjawab Keuangan Negara pada Tahun 2006 yang akan datang, guna meningkatkan kualitas pelaporan keuangan negara oleh Pemerintah.
Penyerahan surat keputusan dan sertifikat akreditasi diklat sertifikasi JFA kepada Pusdiklat Pengawasan BPKP kali ini adalah untuk diklat sertifikasi Pembentukan Auditor Trampil, Pembentukan Auditor Ahli dan Penjenjangan Ketua Tim. Penyerahan tersebut disampaikan langsung oleh Kepala LAN, Anwar Supriyadi kepada Kepala BPKP. Sebelumnya, pada Desember 2004, telah pula diserahkan surat keputusan dan sertifikat diklat kepada Pusdiklat Pengawasan BPKP untuk penyelenggaraan diklat Pra Jabatan, Diklat Pimpinan Tingkat IV dan III.
Sementara itu, Kepala LAN, Anwar Supriyadi, mengemukakan bahwa penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan oleh pihak yang kompeten sangat diperlukan untuk menciptakan sumber daya manusia yang memiliki kompetensi yang tinggi terkait tugas yang harus dilaksanakannya. Penyelenggaraan diklat harus memperhatikan quality assurance dalam proses diklat. Di pihak lain, LAN tetap akan terus melakukan evaluasi terhadap pemberian sertifikasi, sehingga terbuka peluang sertifikat yang diberikan dapat dicabut jika lembaga diklat yang memperolehnya mengabaikan jaminan kualitas penyelenggaraan diklat.
Penyerahan surat keputusan dan sertifikat akreditasi diklat tersebut merupakan satu langkah maju dan dan pengakuan terhadap kompetensi Pusdiklat Pengawasan BPKP dalam menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan, guna meningkatkan kompetensi dan kapabilitas pengawas atau auditor pemerintah dan menunjang peningkatan kualitas penyelenggaraan pemerintahan di bidang SDM Aparatur Negara dan pelayanan publik.
(wid/oes/tgr).



Share      

Berita Terkait:

17 April 2014 08:45:43 / bowo / dibaca: kali / Kat: Audit
Seminar Nasional Internal Audit 2014
29 Maret 2014 09:50:36 / kalsel1 / dibaca: kali / Kat: Audit
Kaper BPKP Kalsel Pantau Program Pamsimas
04 Nopember 2013 14:24:44 / kalsel1 / dibaca: kali / Kat: Audit
Raskin Sangat Membantu Ekonomi Keluarga Miskin
25 September 2013 13:09:52 / kalsel1 / dibaca: kali / Kat: Audit
Dana BOK Sebagai Stimulus bagi Kegiatan Puskesmas Lampisu
13 Juni 2013 10:44:00 / sumbar1 / dibaca: kali / Kat: Audit
LKPD Provinsi Sumbar Tahun 2012 Memperoleh WTP