Berita Seputar BPKP dan Pengawasan

Bupati Lamandau Terkait Kasus Korupsi APBD
09 Juni 2005 00:00:00 / ekobayong / dibaca: 1680 kali / Kat: Audit
Awal pekan ini keduanya telah diperiksa penyidik Kejaksaan Tinggi (Kejati) Kalteng sebagai saksi. Penyidik mengaku sudah dapat merampungkan pemeriksaan. Keduanya selaku petinggi diperkirakan mengetahui penggunaan dana dari APBD yang kemudian dianggap bermasalah karena tidak sesuai prosedur.
Kepala Kejati Kalteng, Abdul Hakim Ritonga yang dikonfirmasi terkait perkembangan kasus tersebut mengatakan penyidik masih menyelesaikan pengkajian hasil pemeriksaan keduanya. Dia berharap dalam waktu dekat kasus tersebut sudah bisa ditingkatkan ke penuntutan dan dilimpahkan ke pengadilan.
"Dalam kasus ini bupati dan wakil bupati pasti terkait. Tapi kalau ditanya apakah mereka akan dijadikan tersangka seperti Alfonso? Saya jawab mungkin saja. Tapi hingga saat ini saya belum mengatakan dan memutuskan itu," kata Ritonga didamping Ass Pidsus, Susilo Yustinus dan Ass Intel, Asri Agung Putra, Rabu (8/6).
Lebih jauh Ritonga mengatakan, saat ini penyidik masih menunggu hasil audit kerugian negara dari BPKP Banjarmasin. Meski demikian, dirinya telah memerintahkan kepada penyidik segera menyusun berkas kasus tersebut untuk ditingkatkan ke penuntutan.
Pihaknya berupaya keras agar kasus tersebut sudah bisa ditingkatkan ke penuntutan selama satu minggu sebelum masa penahanan Alfonso berakhir tepat pada 29 Juni mendatang. Karena itu pihaknya juga berharap BPKP bisa menyerahkan hasil audit dalam waktu dekat.
"Penyidik sedang melengkapi rangkuman hasil pemeriksaan bupati dan wakil bupati seraya menunggu hasil audit BPKP. Saya berharap kasus ini sudah bisa ditingkatkan ke penuntutan sebelum masa penahanan Alfonso berakhir. Kita juga menetapkan tersangka lain yaitu Kabag Keuangan setempat, Medli," kata Ritonga
(Banjarmasin Pos (9/6/5)



Share      

Berita Terkait:

08 Nopember 2016 15:33:41 / tine / dibaca: kali / Kat: Audit
Optimalkan Kualitas Manajemen Informasi Hasil Pengawasan
27 Juni 2016 23:56:00 / kalsel1 / dibaca: kali / Kat: Audit
Membumikan Siskeudes di Tanah Banua Bersama Dosen dan Mahasiswa ULM
03 Juni 2016 22:08:34 / nurjana / dibaca: kali / Kat: Audit
Validasi JKN 2015: Sebagian Besar Provinsi Cukup Berhasil
01 Juni 2016 14:16:59 / tanti / dibaca: kali / Kat: Audit
Audit JKN, Jadikan Pelayanan Kesehatan Lebih Responsive
29 Mei 2016 21:10:46 / bowo / dibaca: kali / Kat: Audit
Online Shop Bergabung Dalam Sistem Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah