Berita Seputar BPKP dan Pengawasan

Sosialisasi SPIP di Lingkungan Badan Pembinaan Konstruksi Kementerian PU
04 April 2012 10:38:16 / bali1 / dibaca: 1809 kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial

Terdapat sembilan agenda Program Reformasi Birokrasi yang harus dilaksanakan di Kementerian Pekerjaan Umum, salah satunya adalah Program Penguatan Pengawasan dengan sasaran program berupa terjadinya peningkatan ketaatan, efisiensi dan efektivitas dalam pelaksanaan tugas – fungsi serta peningkatan kualitas pertanggungjawaban pengelolaan keuangan negara. Untuk melaksanakan hal tersebut maka dilaksanakan dua kegiatan yaitu penerapan SPIP dan peningkatan peran Aparat Pengawasan Intern Pemerintah  (APIP) sebagai quality assurance dan consulting.

Demikian ditegaskan oleh Kepala Badan Pembinaan Konstruksi Kementerian Pekerjaan Umum, Ir. Bambang Goeritno, M.Sc., MPA. saat menyampaikan sambutan pada pembukaan Sosialisasi Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) di Lingkungan Badan Pembinaan Konstruksi Kementerian Pekerjaan Umum yang berlangsung di Kuta, Bali pada Selasa, 03 April 2012.

Lebih lanjut Bambang Goeritno menambahkan, bahwa kesembilan Program Reformasi Birokrasi di Kementerian Pekerjaan Umum tersebut harus dilaksanakan secara bertahap, tersinkronisasi, terintegrasi, dan berkesinambungan. Selain itu, Kementerian Pekerjaan Umum juga telah menetapkan 3 Program Quick Wins sebagai upaya untuk membangun tingkat kepercayaan dalam melaksanakan agenda reformasi birokrasi. Program Quick Wins tersebut meliputi bidang jalan yang berupa penerapan pelayanan preservasi jalan, bidang penelitian dan pengembangan yang berupa peningkatan pelayanan laboratorium, sertifikasi, dan advis teknik serta bidang pengawasan yang berupa operasionalisasi wilayah bebas korupsi pada kegiatan pemilihan pengadaan barang dan jasa Kementerian Pekerjaan Umum di kawasan Pantura Jawa.


Bambang Goeritno mengatakan bahwa penyelenggaraan sosialisasi SPIP tersebut dipandang sangat penting karena hal tersebut sebagai bagian dari persiapan pengimplementasian program – program utama reformasi birokrasi di Badan Pembinaan Konstruksi dan diharapkan dapat segera diimplementasikan oleh seluruh jajaran birokrasi di Badan Pembinaan Konstruksi terutama dalam rangka turut mendukung tercapainya target opini Wajar Tanpa Pengecualian dari BPK RI atas Laporan Keuangan Kementerian Pekerjaan Umum.


Sosialisasi SPIP diikuti oleh sekitar 45 peserta yang terdiri atas para pejabat eselon II, III dan IV di lingkungan Badan Pembinaan Konstruksi Kementerian Pekerjaan Umum dari Wilayah Aceh, Jakarta, Surabaya, Makassar, Banjarmasin, dan Papua serta menghadirkan narasumber dari Inspektorat Jenderal Kementerian Pekerjaan Umum dan M.V. Chinggih Widanarto, S.E. dari BPKP Bali.


Seketariat Humas Bali



Share      

Berita Terkait:

27 Maret 2015 09:58:29 / sultra1 / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
Bangun Kabupaten Muna Barat, Pj Bupati sepakati MoU dengan BPKP Sultra
27 Maret 2015 08:34:37 / sulsel1 / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
Study Comparative Mahasiswa Akuntansi Unhas ke BPKP Sulsel
13 Maret 2015 18:08:10 / milleza / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
Presiden Jokowi Lantik Ardan Adiperdana Sebagai Kepala BPKP
13 Maret 2015 14:04:31 / tien / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
Komite Standar Audit AAIPI Bahas Rencana Kerja 2015-2019
12 Maret 2015 11:51:06 / aceh1 / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
Kepala BPKP Aceh Dampingi Presiden Jokowi Kunjungi Waduk Seunara