Berita Seputar BPKP dan Pengawasan

Sinergi Segitiga BPK-RI Perwakila Prov. Jatim, Perwakilan BPKP Jatim dan Pemda
12 Pebruari 2012 21:03:12 / jatim1 / dibaca: 2704 kali / Kat: MOU, Kerjasama

DR. Heru Khresna Reza: “Sinergi segitiga antara BPK-RI Perwakilan Provinsi Jawa Timur, BPKP Jawa Timur dan Pemda se Provinsi Jawa Timur adalah terobosan yang sangat strategis”.

BPK-RI Perwakilan Provinsi Jawa Timur menyelenggarakan sosialisasi dengan tema “Percepatan Peningkatan Opini Laporan Keuangan Pemerintah Daerah” di Auditorium BPK-RI Perwakilan Provinsi Jawa Timur, Jumat (10/2/2012), yang dihadiri oleh Sekretaris Daerah Provinsi, Drs. Rasiyo, M.Si(mewakili Gubernur Jawa Timur yang berhalangan hadir), Kepala Perwakilan BPKP Jawa Timur, Drs. Hotman Napitupulu, M.B.A., para Bupati, Walikota, Sekda dan Inspektur seluruh Jawa Timur.

 

Dalam kesempatan ini, Sekdaprov Jawa Timur, Drs. Rasiyo, M.Si membacakan sambutan Gubernur Jawa Timur. Salah satu hal penting yang disampaikan oleh Sekdaprov Jawa Timur, Drs. Rasiyo, M.Si adalah bahwa terdapat dua jenis yakni pengawasan internal dan eksternal. Ke dua jenis pengawasan ini memang berbeda namun saling melengkapi dan saling mendukung, serta mendorong Pemda untuk meningkatkan akuntabilitas dan transparansi pengelolaan keuangan dalam rangka mewujudkan good and clean government.

 

Pada sosialisasi ini, Kalan BPK-RI Provinsi Jawa Timur, DR. Heru Khresna Reza menyampaikan pemaparan dengan judul: “Percepatan Peningkatan Opini Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD)”. DR. Heru Khresna Reza juga mengutarakan bahwa BPK ingin meningkatkan akuntabilitas dan kualitas LKPD hingga LKPD di Jawa Timur mendapatkan opini WTP. Oleh karena itu, BPK telah melakukan langkah-langkah strategis, salah satunya adalah menggandeng BPKP Jawa Timur membuat SOP terkait perlakuan akuntansi. Namun, DR. Heru Khresna Reza mengingatkan bahwa semua itu juga terpulang pada komitmen dari Pemda.

 

DR. Heru Khresna Reza menilai sangat penting dan strategis pertemuan ini guna menyamakan persepsi antara BPK-RI Perwakilan Provinsi Jawa Timur, Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Timur, dan Pemda se Jawa Timur. Sinergi segitiga antara BPK-RI Perwakilan Provinsi Jawa Timur, BPKP Jawa Timur, dan Pemda se Jawa Timur. Ditegaskan DR. Heru Khresna Reza sebagai berikut: Temuan dan Hasil Pemeriksaan BPK ditindaklanjuti oleh Pemda-pemda dengan bimbingan dan asistensi dari BPKP.

 

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Timur, Drs. Hotman Napitupulu, M.B.A., menyambut dengan baik upaya BPK-RI Perwakilan Provinsi Jawa Timur dalam mendorong percepatan peningkatan opini atas LKPD. Hotman Napitupulu menyampaikan materi dengan judul: “Percepatan Peningkatan Kualitas LKPD Melalui Sinergi BPK, BPKP, dan Pemda”, yang antara lain tentang: Pentingnyanya SPIPdalam meningkatkan kualitas LK yang handal,Hubungan SPIP dengan Audit BPKdalam menentukan scope audit, semakin efektif SPIP maka uji petik (sampling) dalam audit akan makin sedikit.

 

Hotman Napitupulu menegaskan bahwa dengan menerapkan SPIP secara efektif dan menerapkan Standar Akuntansi Pemerintah dengan benar, maka Pemda-pemda diyakini dapat meraih Opini WTP atas laporan keuangannya.

 

Hotman lebih lanjut, memaparkan peran BPKP mendampingi Pemda-pemda untuk meningkatkan kualitas LKPD sehingga memudahkan BPK dalam audit LKPD. Pada paparannya, beliau juga mengajak seluruh hadirin untuk membantu Pemerintah mewujudkan RPJMN 2010-2014 yang menargetkan LKPD tahun 2014 dengan opini WTP sebanyak 60%. Bila perlu target tersebut bisa dicapai lebih cepat di Jawa Timur, tapi yang utama adalah komitmen dari para Kepala Daerah, lanjut Hotman.



Share      

Berita Terkait:

16 April 2018 09:10:33 / bengkulu1 / dibaca: kali / Kat: MOU, Kerjasama
Inspektur Provinsi Sumbagsel Tandatangani Komitmen Telaah Sejawat
12 April 2018 14:17:04 / adminkita / dibaca: kali / Kat: MOU, Kerjasama
BPKP dan Inspektorat Jenderal Kemenlu Kawal Akuntabilitas Indonesia Africa Forum
06 April 2018 12:13:49 / adminkita / dibaca: kali / Kat: MOU, Kerjasama
Gubernur Kalimantan Utara Tanda Tangani Nota Kesepahaman dengan Kepala BPKP
03 April 2018 18:55:04 / puslitbang2 / dibaca: kali / Kat: MOU, Kerjasama
Metodologi Indeks AP3N Cukup Kuat, Namun Perlu Disederhanakan
29 Maret 2018 16:13:54 / diy1 / dibaca: kali / Kat: MOU, Kerjasama
Koordinasi Hasil Pengawasan Perwakilan BPKP DIY dengan Wakil Gubernur DIY