Berita Seputar BPKP dan Pengawasan

Ujian Sertifikasi dan UPI di BPKP Sumsel: 34 Auditor Non BPKP Datangi Kantor Perwakilan BPKP Sumsel
08 Nopember 2011 20:58:50 / bowo / dibaca: 1934 kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor

Kompetensi  SDM pengawasan dituntut lebih dari sekadar sekelas watchdog. Berbagai ujian, semisal Ujian Sertifikasi Jabatan Fungsional Auditor dan Ujian Persamaan Ijazah, pun menjadi filter bagi pemenuhan tuntutan kualitas auditor tersebut. Maka, 34 auditor Non BPKP pun menyambangi kantor Perwakilan BPKP Sumsel.

Tidak mudah menjadi auditor. Sebelum menguji pekerjaan orang lain, kompetensi seorang auditor harus senantiasa diuji terlebih dahulu. Itulah sebabnya, selain pegwai pegawai BPKP sendiri, sejak Selasa 8 November 2011 ini, 34 Auditor Non BPKP datangi Kantor Perwakilan BPKP Sumsel untuk diuji. Di sana, sedang  diselenggarakan ujian Sertifikasi Jabatan Fungsional Auditor (JFA) dan Ujian Dinas-Ujian Persamaan Ijazah (UD-UPI), baik bagi pegawai BPKP maupun bagi pegawai Inspektorat Pemda di lingkungan Provinsi Sumsel. Ujian ini diselenggarakan sejak Selasa 8 November 2011 sampai dengan Jumat 11 November 2011 di Kantor Perwakilan BPKP Provinsi Sumsel, Palembang.

“Ujian ini adalah wahana untuk menguji kemampuan ilmu bagi peserta ujian. Di sini akan teruji bagaimana kompetensi seorang auditor,” demikian disampaikan Kepala Perwakilan BPKP Sumatera Selatan IGB Surya Negara dalam pengarahannya di pembuka acara pada Selasa 8 November 2011di kantor BPKP Perwakilan Sumatera Selatan.

Ujian Sertifikasi JFA kali ini bukan saja diikuti oleh pegawai BPKP Sumsel yang berjumlah 24 orang pegawai, tetapi juga diikuti oleh pegawai di luar BPKP sebanyak 34 orang pegawai.

Pegawai yang menjadi peserta ujian Sertifikasi Ujian JFA yang non BPKP itu adalah para pegawai Inspektorat se Provinsi Sumsel, yaitu para pegawai di lingkungan Inspektorat: Provinsi Sumsel, Kabupaten dan Kota  Musi Rawas, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur, Kabupaten Prabumulih, Kabupaten Ogan Ilir, Kabupaten Empat lawang, Kabupaten Pagar Alam, Kabupaten Banyuasin Bangka, dan Kabupaten Bangka Barat.

Adapun untuk  Ujian Dinas/Ujian Persamaan Ijasah diikuti 12 orang dari BPKP Sumsel.

Sungguhpun ujian ini merupakan wahana kompetensi bagi auditor, IGB Surya Negara mengharapkan kesungguhan semua peserta agar bisa lulus tanpa ada catatan. (Humas BPKP Sumsel)



Share      

Berita Terkait:

09 Desember 2014 09:42:29 / adminkita / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
CPNS BPKP Bidik Formasi Auditor
08 Desember 2014 00:08:51 / papuabarat1 / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
Tiga Inspektorat Gandeng BPKP Adakan Workshop Kompetensi APIP dan SPIP
11 Nopember 2014 09:54:41 / jatim1 / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
Tingkatkan Kompetensi APIP, BPKP Jatim Selenggarakan DIklat Probity Audit
28 Oktober 2014 15:13:05 / riau1 / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
Pemprov Riau Selenggarakan Diklat Reviu LKPD
21 Oktober 2014 10:21:06 / sulsel1 / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
Penjaminan Kualitas Berkelanjutan, Hindari Distrust