Berita Seputar BPKP dan Pengawasan

ENTRY MEETING QA RBN DI KEMENTERIAN KEUANGAN
06 Oktober 2011 22:13:08 / harry_humas / dibaca: 2308 kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek

 

Jakarta (6/10)-   sore kemarin (05/10/11) Menteri Keuangan (Menkeu), Agus Martowardojo menghadiri Entry Meeting Penjaminan Kualitas (Quality Assurance/QA) Pelaksanaan  Reformasi  Birokrasi  Nasional (RBN) di Kementerian Keuangan yang bertempat di Gedung Djuanda I Kementerian Keuangan (Kemenkeu). 

 Dalam rapat yang dihadiri pula oleh Ketua Tim QA, Prof. Dr. Mardiasmo beserta dengan Tim Satgas QA RBN, Menkeu menyampaikan bahwa Pemerintah menyambut baik kehadiran BPKP dalam rangka menjalankan tugas penilaian terhadap pelaksanaan Reformasi Birokrasi (RB)di lingkungan Kementerian/Lembaga(K/L). Kementerian Keuangan akan menyediakan data yang diperlukan selama penilaian dan menunjuk tim counterpartdari unit ataupun Tim RB terkait di Kemenkeu.

Pada kesempatan tersebut, Menkeu menyampaikan bahwa untuk memastikan terlaksananya program reformasi birokrasi di seluruh unit, mengidentifikasi tantangan dan hambatan pelaksanaan serta memberikan alternatif solusinya, Kementerian Keuangan sejak tahun 2007 sudah menunjuk pihak eksternal untuk melakukan survey Opini Kepuasan Pengguna Layanan Kemenkeu.

Hal tersebutsejalan dengan Visi dan Misi Reformasi Birokrasi Kementerian Keuangan yaitu“Terwujudnya Tata Kelola Pemerintahan Yang Baik,  Peningkatan Kinerja, Peningkatan Pelayanan & Peningkatan Kepercayaan Publik”.

Sementara dari pihak Tim QA, ketua Tim QA Mardiasmo menyampaikan bahwa diharapkan pelaksanaan RB di setiap K/L lebih menekankan pada proses danoutcome begitu pula dalam penilainnya, paper work harus dikurangi. Ketua Tim QA pun menyampaikan tempat pelaksanaan dan jadwal uji petik pelaksanaan RB di Kemenkeu, diantaranya untuk wilayah DKI Jakarta, uji petik dilakukan di beberapa tempat.

Ketua Tim QA mengaharapkan agar pelaksanaan RB di setiap K/L dapat mencapai tujuan RB. Yakni pemerintah yang bersih  dan bebas KKN, efektivitas dan efisiensi pelaksanaan kegiatan pemerintahan, efektifitas  kualitas perumusan dan pelaksanaan kebijakan publik, dan peningkatan kualitas pelayanan publik. (mutiah)



Share      

Berita Terkait:

23 Maret 2017 08:07:14 / puslitbang2 / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
Pengawasan BPKP Menjadi Bahan Perencanaan Pembangunan Nasional
17 Maret 2017 07:20:53 / puslitbang2 / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
Segera Tuntaskan Penelitian Indeks AP3N
13 Maret 2017 20:25:41 / kalbar1 / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
BPKP Kalbar Tingkatkan Kapabilitas Pengelolaan Keuangan
13 Maret 2017 19:28:43 / puslitbang2 / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
BPKP Kawal Kerjasama Pemerintah Daerah dengan Swasta
13 Maret 2017 17:44:05 / kalbar1 / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
Bank Kalbar – BPKP Kalbar Sepakat Wujudkan Tata Kelola dalam PBJ