Berita Seputar BPKP dan Pengawasan

Kepemimpinan dan Pemberantasan Korupsi.
29 Juli 2004 00:00:00 / ekobayong / dibaca: 2707 kali / Kat: Audit
Dalam sebuah seminar di Jakarta baru-baru ini, Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Erry Riyana Hardjapamekas mengulas peran kepemimpinan dan kaitannya dengan pemberantasan korupsi. Menyangkut pemberantasan korupsi, Erry mengatakan bahwa korupsi merupakan kerja besar bangsa ini. Sebab itu, seharusnya tidak satu komponen bangsa pun yang berdiam diri. Selain itu peran masyarakat sendiri menjadi sangat penting. Hal ini dimulai dengan mengatakan “no to corruption”. Selain itu juga dengan melakukan desakan publik kepada pimpinan eksekutif, legislatif, dan yudikatif untuk bersama-sama meningkatkan partisipasi, komitmen, dan tauladan mereka dalam upaya pemberantasan korupsi.
Dalam kaitan ini menurut Erry kepemimpinan mempunyai pengaruh yang signifikan dalam pemberantasan korupsi. Menurutnya kepemimpinan yang efektif memerlukan kualitas dan karakter tertentu. Diantaranya kemampuan untuk berpikir dan melihat ke depan, kejujuran, kompetensi, selalu memicu inspirasi, pandai dan cerdas, berlaku adil, berwawasan luas, berani mengambil resiko, tidak basa basi, dan penuh imajinasi.
Dikatakannya lagi, pemberantasan korupsi adalah masalah kita bersama. Dukungan semua komponen bangsa amat diperlukan. Tanpa dukungan dari pemerintah, seluruh komponen masyarakat dan sektor swasta, KPK tidak mungkin dapat melaksanakan tugas pokoknya secara efektif. KPK merupakan penggerak atau “Trigger Mechanism” bagi seluruh bangsa dan negara dalam melakukan perubahan-perubahan ke arah yang lebih baik. Terlepas dari semua itu yang lebih penting adalah peran para pimpinan elit bangsa ini, terutama para pemimpin eksekutif, legislatif, dan yudikatif menjadi faktor utama keberhasilan upaya pemberantasan korupsi, ujar mantan Dirut PT Timah tersebut.
(adri)



Share      

Berita Terkait:

12 Agustus 2019 08:32:36 / gorontalo / dibaca: kali / Kat: Audit
Kaper BPKP Gorontalo Lakukan Observasi ke Gedung Rektorat IAIN Sultan Amai
27 Juni 2019 14:20:18 / adminkita / dibaca: kali / Kat: Audit
Akuntabilitas Keuangan Publik Menuju Indonesia Emas 2045
12 Pebruari 2019 07:59:39 / adminkita / dibaca: kali / Kat: Audit
Pemeriksaan Laporan Keuangan BPKP Tahun 2018
25 Januari 2019 09:58:45 / adminkita / dibaca: kali / Kat: Audit
BPKP Kawal Pesta Demokrasi
16 Januari 2019 09:01:01 / adminkita / dibaca: kali / Kat: Audit
Hikmat Allah Menghadirkan Damai Sejahtera