Kapabilitas APIP Kota Dumai Capai Level 3

.

DUMAI (21/1/2022) – Kepala Perwakilan (Kaper) BPKP Provinsi Riau Fauqi Achmad Kharir serahkan sertifikat Kapabilitas Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) Level 3 kepada Wali Kota Dumai Paisal di Ruang Rapat Wan Dahlan Ibrahim.

Dalam sambutannya, Kaper BPKP Provinsi Riau Fauqi Achmad Kharir menyampaikan selamat kepada Pemerintah Kota Dumai yang telah berupaya maksimal sehingga dapat memperoleh Kapabilitas APIP level 3.

Fauqi juga menyampaikan bahwa level 3 ini artinya Inspektorat mampu menilai efisiensi, efektivitas, ekonomis suatu kegiatan dan mampu memberikan konsultasi pada tata kelola, manajemen risiko dan pengendalian intern.

Sementara itu, Wali Kota Dumai mengatakan bahwa fungsi pengawasan dalam pemerintahan merupakan bagian penting pada tata kelola manajemen pemerintahan, di mana fungsi ini sendiri dijalankan oleh APIP sebagai penunjang sistem pengendalian intern guna mewujudkan pemerintahan yang efektif, efisien, dan akuntabel.

“Kami menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Riau beserta seluruh jajaran yang bertugas atas keuletan, kesabaranya dalam melakukan pendampingan dan pembinaan agar meningkatnya kapabilitas APIP Kota Dumai,” ucap Paisal.

Turut hadir pada kesempatan ini yaitu Sekretaris Daerah, Forkopimda, Para Pejabat Tinggi Pratama, Pejabat Tinggi Administrator, Pejabat Pengawas dan Pejabat Fungsional Kota Dumai.

(Kominfo BPKP Riau)