Gubernur Aceh Apresiasi Hasil Pengawasan BPKP Tahun 2021

.

BANDA ACEH – Kepala Perwakilan BPKP Aceh Indra Khaira Jaya didampingi jajaran pimpinan di bawahnya menerima kunjungan dari Gubernur Aceh Nova Iriansyah yang bersama dengan Inspektur Aceh Zulkifli, Selasa, 18 Januari 2022. Acara berlangsung di ruang Library Cafe Perwakilan BPKP Aceh.

Mengawali petemuan ini, Kepala Perwakilan memberikan ucapan selamat datang sekaligus menyampaikan empat topik bahasan, yaitu penyampaian plakat kapabilitas APIP level 3 untuk Inspektorat Aceh, penyampaian laporan hasil pengawasan tahun 2021, dan isu strategis yang perlu penanganan segera. Gubernur Aceh menyampaikan apresiasi kepada Perwakilan BPKP Aceh atas keberhasilan dalam memaksimalkan kinerja terutama dalam mengawal akuntabilitas keuangan dan pembangunan di wilayah Aceh.

Selain meningkatkan silaturahmi, pada kehadiran tersebut juga dilangsungkan pembahasan dan penyerahan fisik laporan hasil pengawasan atas akuntabilitas keuangan dan pembangunan di wilayah Aceh sepanjang tahun 2021. Gubernur berkomitmen, “Insya Allah kami selalu membahas secara khusus dan rinci tiap – tiap isi laporan yang disampaikan oleh BPKP Aceh,” tutur Nova Iriansyah. “Saya juga sepakat laporan ini bisa menjadi early warning agar kami dapat mengantisipasi masalah yang merugikan keuangan dan rakyat Aceh dikemudian hari,” tambahnya.

Nova menegaskan bahwa kehadiran BPKP sangat membantu Pemerintah Aceh. “Saya rasa tupoksi BPKP sangat membantu ya, tidak bisa dibayangkan jika menyelesaikan masalah setelah menjadi besar pasti akan kerepotan”. Menurutnya, masukan-masukan yang diberikan oleh Perwakilan BPKP Aceh selama ini kami rasakan sangat efektif untuk mengantisipasi persoalan dengan usulan alternatif solusi yang berkualitas bagi jajaran Pemda Aceh dalam menyelesaikan persoalan yang dihadapi.

Terakhir, ia menyampaikan terima kasih atas bantuan yang sudah diberikan oleh Perwakilan BPKP Aceh. “BPKP tidak membiarkan kami sendirian,” ujar Nova. Selanjutnya ia berharap, kolaborasi dan sinergi antara Pemerintah Aceh dan BPKP Aceh terus terjaga, sekalipun terjadi pergantian pimpinan. “Peran BPKP luar biasa, bahkan walaupun tidak secara langsung, berita yang disajikan BPKP di media sudah membantu mengantisipasi persepsi publik yang  salah terhadap setiap isu,” tutup Nova.

Indra menyambut baik dan menyampaikan terima kasih atas apresiasi yang diberikan. Ia menegaskan, segala bantuan yang diberikan BPKP bertujuan untuk menyejahterakan rakyat Aceh. Ia juga berharap sinergi dan kolaborasi terus berjalan ke depannya yang diamini oleh Gubernur.

“Untuk tujuan tersebut, BPKP berkomitmen memaksimalkan SDM yang ada untuk mendampingi Pemerintah Aceh mewujudkan akuntabilitas keuangan dan pembangunan berbasis manajemen risiko dan terintegrasi diwilayah Aceh,” tutup Indra.

(Kominfo Perwakilan BPKP Aceh)