BPKP Latih APIP Inspektorat Halmahera Timur Kelola PBJ dan LPPD

.

TERNATE - Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara menyelenggarakan Bimbingan Teknis tentang Reviu Harga Perkiraan Sendiri (HPS) dan Reviu Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah bagi Staf Inspektorat Kabupaten Halmahera Timur Tahun Anggaran 2021. Kegiatan yang diselenggarakan selama 3 hari dimulai pada tanggal 6-8 Desember 2021 ini bertujuan untuk mengawal akuntabilitas pengadaan barang dan jasa serta akuntabilitas tata kelola daerah. 

Inspektur Kabupaten Halmahera Timur Endah Nurhayati menyampaikan terima kasih kepada Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara atas bimbingan dan pendampingan dalam mengawal tata kelola daerah Kabupaten Halmahera Timur.

Selanjutnya, Endah menyampaikan bahwa pihaknya menyadari ilmu yang dimiliki APIP Inspektorat Kabupaten Halmahera Timur masih perlu ditingkatkan. Oleh sebab itu, ia berharap BPKP dapat selalu bersinergi dengan Inspektorat Kabupaten Halmahera Timur. Ia juga menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat bagi APIP Inspektorat Kabupaten Halmahera Timur, dan berharap seluruh APIP dapat mengikutinya dengan baik.

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara Aryanto Wibowo menyampaikan bahwa APIP di inspektorat harus memiliki kapabilitas yang memadai untuk dapat meyakinkan pemerintah daerah. Ia menegaskan peran penting Inspektorat sebagai kepercayaan pemerintah daerah, yang harus menjalankan tugas quality assurance dan consulting.

Aryanto melanjutkan, APIP inspektorat juga harus memiliki early warning system kepada pemeintah daerah. Dalam hal ini APIP diharapkan dapat menjalankan Governace Risk and Control (GRC) secara baik. Selain itu, Aryanto menyampaikan bahwa Bimbingan Teknis ini dapat memberikan pengetahuan APIP di Inspektorat Haltim untuk mencegah sebuah fraud dalam pengadaan barang dan jasa. Bimbingan Teknis ini sejalan untuk mewujudkan LPPD yang akuntabel.

Kegiatan ini dihadiri oleh Inspektur Kabupaten Halmahera Timur Endah Nurhayati, APIP di lingkungan Inspektorat Kabupaten Halmahera Timur, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara Aryanto Wibowo, Kepala Bagian Tata Usaha Zulkifli, Koordinator Pengawasan Bidang P3A Safi’ Mahmud, Tim dari Bidang P3A. 

(Kominfo BPKP Malut/April)