Deputi Akuntan Negara BPKP Ungkap Tiga Kunci Sukses Keberhasilan Agenda Prioritas Pengawasan

.

KUNINGAN (2/11) - Deputi Bidang Akuntan Negara BPKP menggelar rapat kerja untuk menyusun strategi peningkatan capaian Agenda Prioritas Pengawasan (APP) Tahun 2022.

Direktur Pengawasan Badan Usaha Konektivitas, Pariwisata, Kawasan Industri, dan Perumahan Arif Ardiyanto menyampaikan rapat kerja dilaksanakan sebagai media untuk menyampaikan hasil kinerja yang telah dicapai sekaligus sebagai refleksi akhir tahun 2021. Hal ini diharapkan dapat memberikan semangat baru untuk terus berinovasi demi keberhasilan capaian kinerja pada tahun-tahun berikutnya. Di samping itu, ia juga menyampaikan isu-isu strategis yang up to date dan rencana kegiatan pengawasan yang akan dilaksanakan sesuai Agenda Proritas Pengawasan (APP) Tahun 2022.

Selanjutnya, Deputi Akuntan Negara Sally Salamah dalam arahannya membahas hasil survey kepuasan stakeholders pada Kedeputian Akuntan Negara Tahun 2021. Survey dilaksanakan oleh lima direktorat dan 34 Perwakilan BPKP di seluruh Indonesia. Responden survey berjumlah 1.238 orang yang terdiri dari BUMN dan anak perusahaanya. Jumlah responden yang mengisi kuesioner dan valid sebanyak 952 responden atau 76,90% dari populasi.

Selanjutnya, Sally juga menyampaikan Kerangka APP Tahun 2022 yang dibagi menjadi tujuh sektor, yaitu Reformasi Pembangunan SDM; Penguatan Infrastruktur dan Konektivitas; Akuntabilitas Keuangan Negara & Daerah; Pemulihan Ekonomi; Ketahanan Pangan; Penguatan Penyelenggaraan Pemerintahan yang Baik; dan Pengentasan Kemiskinan Ekstrim.

Menutup arahannya, Sally menyampaikan kunci sukses keberhasilan yang dapat dilakukan, yaitu dengan melaksanakan koordinasi antara Rendal PJ dan Rendal Kontributor mulai dari perencanaan sampai dengan pelaporan hasil pengawasan, memahami bisnis proses dan menetapkan titik kritis/risiko, dan memetakan subjek dan periode waktu pengawasan.

(Kominfo/Amel)