BPKP Riau Raih Penghargaan Keterbukaan Informasi Publik

.

PEKANBARU (29/11) – Perwakilan BPKP Provinsi Riau meraih penghargaan Menuju Informatif kategori instansi vertikal dalam ajang Pemeringkatan dan Penganugerahan Keterbukaan Informasi Badan Publik se-Provinsi Riau Tahun 2021 yang digelar Komisi Informasi (KI) Provinsi Riau, di Hotel The Premiere. Penghargaan tersebut diterima secara langsung oleh Kepala Perwakilan BPKP Riau Fauqi Achmad Kharir. 

Ketua KI Riau Zufra Irwan berharap, kepada para peraih penghargaan untuk ke depannya lebih meningkatkan kualitasnya lebih baik lagi. "Kami berharap, bagi pihak-pihak yang menerima penghargaan ini agar ke depannya lebih baik lagi dalam menjalankan keterbukaan informasi di Provinsi Riau," harapnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Provinsi Riau SF Hariyanto menyebutkan, Keterbukaan Informasi Publik sangat penting untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik atau good governance.

"Keterbukaan Informasi Publik ini sangat penting dalam wujudkan tata kelola pemerintahan yang baik atau good governance. Hal tersebut dapat ditandai dengan penerapan penyelenggaraan pemerintah di berbagai sektor yang transparan, partisipasi dan akuntabilitas," sebutnya.

Karena menurutnya, transparansi akan sangat berpengaruh terhadap peningkatan kualitas partisipasi, secara otomatis mampu mendorong akuntabilitas, pelaksanaan, penyelenggaraan, pelayanan publik, dan pembangunan daerah di berbagai bidang.

Penganugerahan Keterbukaan Informasi Badan Publik Tahun 2021 terdiri dari enam kategori yaitu Kategori OPD Provinsi, Kategori Kabupaten/Kota, Kategori Partai Politik, Kategori BUMD, Kategori Perguruan Tinggi, dan Kategori Instansi Vertikal. Selain Perwakilan BPKP Riau, instansi vertikal yang mendapat penghargaan, yaitu Badan Pengawas Pemilihan Umum Provinsi Riau, Badan Pemeriksa Keuangan Provinsi Riau, Badan Pusat Statistik Provinsi Riau dan Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi Riau.

(Kominfo BPKP Riau)