Dana Desa Tepat Sasaran, BPKP Bengkulu Luncurkan Aplikasi Siswaskeudes

.

BENGKULU (29/11)Perwakilan BPKP Provinsi Bengkulu melaksanakan Launching Implementasi Aplikasi Siswaskeudes di lingkungan Inspektorat Daerah.

Di Gedung Pola Pemda Provinsi Bengkulu, kegiatan dihadiri oleh Asisten III Pemprov Bengkulu Gotri Suyanto mewakili Gubernur Rohidin Mersyah, Kepala Perwakilan BPKP Bengkulu Iskandar Novianto, Direktur Pengawasan Keuangan, Pembangunan, dan Tata Kelola Pemerintahan Desa Wasis Prabowo dan Inspektur III Kemendagri Elfin Elyas, serta diikuti oleh seluruh Inpektorat Kabupaten yang ada di Provinsi Bengkulu.

Dalam paparannya, Kepala Perwakilan BPKP Bengkulu Iskandar Novianto menjelaskan secara singkat tentang aplikasi Siswaskeudes. Aplikasi yang dikembangkan oleh BPKP dan Kemendagri ini adalah aplikasi yang digunakan oleh APIP sebagai tools pengawasan atas pengelolaan keuangan desa dengan pendekatan berbasis risiko dan teknik audit berbantuan komputer (TABK). Anggaran desa yang semakin besar, keterbatasan SDM APIP daerah, serta jumlah desa yang banyak dengan kondisi beragam menjadi alasan mengapa aplikasi Siswaskeudes ini dibutuhkan.

Dalam paparannya, Direktur Pengawasan Keuangan, Pembangunan, dan Tata Kelola Pemerintahan Desa Wasis Prabowo menjelaskan tentang pentingnya peningkatan kapabilitas APIP dalam pengawasan desa. Ia menegaskan bahwa BPKP dan Inspektorat sebagai Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) harus fokus pada pencegahan dan perbaikan tata kelola. Aspek pencegahan harus lebih dikedepankan dan kita semuanya harus lebih proaktif. Hal ini sesuai dengan arahan dari Presiden Jokowi. Penerapan SPIP harus didahului dengan assessment atas karakteristik organisasi, ketepatan penetapan tujuan, kesesuaian strategi dan indikator kinerja yang ditetapkan.

(Kominfo BPKP Bengkulu)