Pengadaan Barang dan Jasa Jadi Stimulus Pembangunan Ekonomi Desa

.

BANJARMASIN (27/11) - Tim Bidang APD Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Selatan didaulat menjadi narasumber dalam Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan Keuangan Desa dari Perencanaan Sampai Pelaporan oleh Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) Kecaman Paringin Selatan Kabupaten Balangan di Hotel Rodhita, Banjarmasin.

Pada kesempatan ini, Tim menyampaikan bahwa Pengadaan Barang Jasa di Desa pada prinsipnya dilakukan melalui swakelola dengan memaksimalkan pemanfaatan sumber daya yang ada di desa secara gotong-royong dengan melibatkan partisipasi masyarakat dengan tujuan memperluas kesempatan kerja dan pemberdayaan masyarakat.

Tim juga mengingatkan pengadaan melalui penyedia dapat dilakukan apabila sebagian atau seluruhnya tidak dapat dilakukan melalui swakelola. Dalam pembangunan konstruksi yang kompleks atau kegiatan yang megharuskan memiliki kompetensi khusus, seperti pembuatan jembatan dan pembangunan gedung bangunan yang masyarakat desa tidak dapat melaksanakannya dapat melalui pihak penyedia. Pemerintah desa dalam melakukan pemilihan metode pelaksanaan harus tepat antara swakelola atau melalui penyedia.

Dalam paparannya, Tim menekankan bahwa seluruh kegiatan PBJ di desa harus memenuhi prinsip efisien, dan efektif, transparan, pemberdayaan masyarakat, gotong-royong, akuntabel, terbuka, adil, serta berdaya saing. Demikian tujuan Dana Desa disalurkan kepada masyarakat desa, yaitu membantu mengatasi permasalahan ekonomi di desa, pemberdayaan ekonomi masyarakat desa, membangun infrastruktur desa dapat tercapai.

(Kominfo BPKP Kalsel)