BPKP Malut Reviu Program Hibah Air Minum Perkotaan MBR pada Tiga Kabupaten

.

TERNATE - BPKP melakukan reviu Program Hibah Air Minum Perkotaan dari Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementrian Pekerjaan Umum yang ditujukan bagi masyarakat berpenghasilan rendah sehingga dapat menikmati air bersih yang layak dikonsumsi untuk kebutuhan rumah tangga pada 3 kabupaten di Provinsi Maluku Utara sebanyak ± 1991SR.

Program Hibah Air Minum Perkotaan merupakan hibah dari Pemerintah Pusat kepada Pemerintah Daerah dengan pendekatan kinerja terukur (output based), di mana Pemerintah Daerah diwajibkan untuk melakukan peningkatan akses air minum yang layak bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR). Program ini dibiayai terlebih dahulu oleh Penyertaan Modal Pemerintah (PMP) kepada Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Air Minum, yang akan dilanjutkan dengan pencairan dana hibah dari Pemerintah Pusat kepada Pemerintah Daerah setelah dilakukan verifikasi oleh Kementerian Teknis. Program Hibah Air Minum ini mempunyai keluaran yaitu terbangunnya sistem penyediaan air minum sampai dengan berfungsinya sambungan rumah.

Untuk memberikan keyakinan memadai bahwa sambungan rumah yang dinyatakan memenuhi syarat kelayakan, Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara melakukan reviu atas Laporan Konsultan Verifikasi Pelaksanaan Program Hibah Air Minum Perkotaan APBN Tahun 2021 terhadap tiga pemerintah daerah kabupaten, yaitu Halmahera Barat, Halmahera Selatan, dan Kepulauan Sula dimulai tanggal 16 s.d. 26 November 2021.

(Kominfo BPKP Malut/Andry)