Pemkan Kab. Pidie Konsultasikan Pelaksanaan PORA Tahun 2022 ke BPKP Aceh

.

BANDA ACEH – Kepala Perwakilan BPKP Aceh Indra Khaira Jaya didampingi pengendali teknis bidang Akuntabilitas Pemerintah Daerah Subhan Amri menerima kunjungan silaturahmi dari Wakil Bupati, beserta rombongan pada hari Kamis (25/11) yang bertempat di Ruang Kepala Perwakilan BPKP Aceh.

Kehadiran rombongan dari Kabupaten Pidie yang diwakili oleh Wakil Bupati, Sekretaris Daerah, dan jajaran SKPA terkait ini dalam rangka koordinasi dan konsultansi berkaitan dengan petunjuk, prosedur dan mekanisme pencairan/pemberian Belanja Bantuan Keuangan Bersifat Khusus Kepada Pemerintah Kabupaten Pidie Tahun Anggaran 2021 dalam rangka pelaksanaan PORA Tahun 2022 di Kabupaten Pidie.

Wakil Bupati Kabupaten Pidie Fadhlullah TM Daud pada kesempatannya menyampaikan bahwa Kabupaten Pidie telah ditunjuk oleh Pemerintah Aceh untuk menjadi  tuan rumah pelaksanaan Pekan Olah Rahga Aceh (PORA) dengan melakukan persiapan pekerjaan membangun sarana dan prasarana pendukung event penting tersebut. Pihaknya mengatakan bahwa telah menerima dana transfer dari Pemerintah Aceh terakhir pada awal November 2021.

Karena dana diterima oleh pemerintah kabupaten Pidie dipenghujung tahun 2021 yang akan segera berakhir, maka ada keragu-raguan  untuk mengeksekusi dana tersebut. Oleh karenanya, pihaknya meminta bantuan pendapat dan masukan dari Perwakilan BPKP Aceh.

Menanggapi apa yang disampaikan Wakil Bupati, Kepala Perwakilan memberi arahan mengenai tata kelola pelaksanaan PORA, manajemen risiko dan kontrol. Kepala Perwakilan juga menyampaikan bahwa dana yang sudah diterima oleh pemerintah Kabupaten Pidie dapat dieksekusi dengan mempertimbangkan waktu yang tersisa di Tahun 2021 serta risiko-risiko yang akan terjadi sebagaimana diatur dalam Permendagri 77 tahun 2020.

Dalam hal ini, Perwakilan BPKP Aceh dan Inspektorat berkomitmen untuk siap melakukan pengawalan akuntabilitas atas pelaksanaan paket-paket pekerjaan yang mendukung pelaksanaan PORA tahun 2022. Atas masukan, arahan dan saran dari Perwakilan BPKP Aceh, Wakil Bupati Pidie mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih serta berkomitmen untuk segera menindaklanjuti secara teknis.

 

(Kominfo Perwakilan BPKP Aceh)