Ikuti Digital Leadership Academy, Kaper BPKP Kalsel Optimis Transformasi Digital Semakin Baik

.

BANJARBARU - Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Selatan Rudy M. Harahap mengikuti Program Digital Leadership Academy (DLA) yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia.

Pelatihan ini dilaksanakan secara daring mulai tanggal 10-24 November 2021, yang diberikan langsung oleh pengajar dari Harvard Kennedy School dari berbagai negara. Tujuan pelatihan ini untuk memberikan pemahaman bagaimana teknologi digital dapat meningkatkan kinerja dan pembuatan kebijakan para pemimpin penting dunia.

Pada saat memberikan kesan mewakili semua peserta dari berbagai negara, Rudy optimis transformasi digital dan integrasi sistem informasi di Indonesia akan semakin maju sehingga dapat memberikan pelayanan publik yang efektif dan efisien.

Selain itu, Rudy juga mendapatkan banyak pelajaran yang menarik dalam hal kepemimpinan digital (digital leadership). Salah satunya tentang perbedaan planner dan learner. “Kini kita tahu bahwa transformasi digital tidak harus dengan pendekatan planner yang waterfall, tetapi bisa dengan pendekatan learner yang agile,” katanya,

Pelatihan ini diikuti oleh enam peserta dari Indonesia yang menduduki jabatan pembuat kebijakan di berbagai sektor, seperti pemerintahan, akademisi, BUMN, maupun swasta. Adapun 80 peserta lainnya dari berbagai negara yang menduduki jabatan yang prestisius di dunia, seperti chief innovation officer. Beberapa donor internasional, seperti Worldbank dan IMF.

Pada penutupan pelatihan dihadiri oleh Ketua Pokja DLA Sadjan dan Kepala Badan Litbang SDM Hary Budiarto, serta para peserta pelatihan DLA.

(Kominfo BPKP Kalsel)