BPKP Kaltim Dorong Kualitas Manajemen Risiko SPI PT Pupuk Kaltim

.

BALIKPAPAN (22/11) – PT Pupuk Kalimantan Timur (PT PKT) menyelenggarakan sarasehan Satuan Pengawasan Intern (SPI) di lingkungan PT PKT, anak perusahaan PT PKT, serta perusahaan afiliasi, dan dihadiri oleh Kepala Perwakilan beserta Koordinator Pengawasan Bidang Akuntan Negara (Korwas Bidang AN).

Dalam acara yang disaksikan oleh Komite Audit PT PKT serta SPI Perusahaan Induk PT Pupuk Indonesia, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Timur Supriyadi memberikan saran kepada BUMN ini agar semakin meningkatkan kemampuan mengelola risiko yang timbul dan semakin meningkatkan kapabilitas dan kapasitas SPI dalam memberikan nilai tambah bagi perusahaan. Melengkapi sambutannya, Supriyadi menyampaikan bahwa kebehasilan organisasi saat ini sangat dtentukan oleh kebehasilan dalam mengelola dan memitigasi risiko.

Dari pihak PT PKT, sarasehan dihadiri langsung oleh Direktur Keuangan dan Umum Qomaruzzaman dan Kepala SPI Budi Susilo. Pada pembukaan sarasehan, Qomaruzzaman menyampaikan pentingnya posisi SPI sebagai garda terakhir atau third line dalam menjamin kelancaran kegiatan perusahaan. Untuk itu, SPI diharapkan terus mengembangkan diri untuk terus dapat membantu perusahaan mencapai tujuannya.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Kepala Perwakilan dan Korwas Bidang AN BPKP Kaltim. Supriyadi dalam paparannya menjelaskan mengenai pentingnya Risk Based Internal Audit karena semakin kompleksnya unit-unit yang diaudit, terbatasnya sumber daya, terbatasnya sumber dana, serta keinginan atas informasi dalam pengambilan keputusan yang tepat dan akurat.

Sementara itu, Korwas Bidang AN Prakarsa Tambunan dalam kesempatannya memberikan masukan dan senantiasa mengingatkan untuk selalu meningkatkan kapabilitas SPI PT PKT demi mewujudkan peran dan layanan SPI yang efektif. Prakarsa juga menjelaskan bahwa BPKP Kaltim telah melakukan Penjaminan Kualitas atas Penilaian Mandiri Kapabilitas SPI PKT pada Tahun 2018 dengan hasil yang Baik, yaitu pada Level 3 Dengan Catatan.

Dari hasil pertemuan ini diharapkan SPI PKT dapat terus berkembang menjadi lebih baik dalam mengawal target dan tujuan perusahaan.

 

(Tim Kominfowas BPKP Kaltim)