BPKP DIY Bangun Sinergi Pengawasan dengan Pemda Cilacap

.

CILACAP (18/11) - Dalam rangka membangun sinergi dengan pemerintah daerah, Kepala Perwakilan BPKP DIY Adi Gemawan didampingi Pengendali Teknis Bidang Akuntabilitas Pemerintah Daerah Sajihartana melakukan audiensi dengan Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji. 

Adi Gemawan yang baru bertugas di DIY sekitar 3 bulan, pada kesempatan tersebut menyampaikan merasa perlu untuk mengunjungi pemda-pemda sebagai mitra kerja BPKP dalam rangka meningkatkan koordinasi dan sinergi pengawasan, serta peningkatan akuntabilitas pembangun pemerintah daerah.

Adi Gemawan mengatakan, telah banyak kerja sama yang dilakukan selama ini, di antaranya pendampingan penyusunan laporan keuangan, pendampingan dan bimtek penilaian maturitas SPIP, peningkatan kapabiltas APIP, dan evaluasi Dana Desa. Dengan terjalinnya kerja sama antara Perwakilan BPKP DIY dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Cilacap selama ini, akan dapat meningkatkan komunikasi guna mendukung peningkatan penyelenggaraan akuntabilitas pemerintah darah yang semakin baik.

Selanjutnya Bupati menyampaikan harapannya terkait perbaikan kinerja di lingkungan pemerintah daerah Kabupaten Cilacap, selain mendapatkan opini WTP atas Laporan Keuangan, juga meningkatnya kesejahteraan masyarakat secara riil.

Di akhir agendanya, Adi Gemawan didampingi Kepala BPPKAD menyempatkan memberikan arahan pada acara Bimbingan Teknis Penyusunan Laporan Keuangan Kabupaten Cilacap. Ia menyampaikan pesan-pesan motivasi kepada peserta yang terdiri dari para pengelola keuangan puskesmas se-Kabupaten Cilacap. Di antaranya pentingnya pemerintah daerah memperoleh Opini Laporan Keuangan WTP dan yang utama adalah penerapan prinsip money follow function, artinya tidak ada anggaran/dana yang disediakan bila tidak ada fungsi yang akan dijalankan untuk mensejahterakan masyarakat. Kemudian pentingnya penerapan pengendalian intern guna membantu tercapainya tujuan organisasi. Selain itu, Adi Gemawan juga mengingatkan pentingnya SDM yang berkualitas dan bekerja dengan ikhlas.

Turut hadir dalam pertemuan tersebut Kepala Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Kabupaten Cilacap Fauzi Achmad, Kepala Bidang Akuntansi Siti Aminah, Kepala Bidang Verifikasi dan Akuntansi Aristy Indriasari, serta Sekretaris Inpektorat Kabupaten Cilacap Isnainy Restianingsih.

(Kominfo BPKP DIY/Vivi)