Irwasda Polda Kalbar: BPKP Kalbar Guru Pengawasan Intern

.

Pontianak (18/11) – Arif Rahman Hakim digantikan Reguel Siagian sebagai Irwasda Polda Kalbar yang baru.  Arif yang dimutasi sebagai Irwasda Polda Sumbar menyebut pihak BPKP Kalbar sebagai “guru” dan menitipkan Irwasda baru agar senantiasa dibantu dalam pelaksanaan kegiatan pengawasannya.

“Fungsi pengawasan di jajaran kepolisian di Polda Kalimantan Barat selama ini sangat terbantu dengan hadirnya BPKP Kalbar. Karena itu, perpindahan saya sebagai Irwasda Sumatera Barat seyogyanya meneruskan kolaborasi pengawasan yang selama ini telah dibangun antara BPKP Kalbar dan Irwasda Polda Kalbar. Sehingga sinergi ini dapat dilanjutkan bahkan ditingkatkan di masa Pak Reguel Siagian sebagai Irwasda Polda Kalbar yang baru,” demikian disampaikan Kombes Pol. Arif Rahman Hakim. di hadapan para personel Itwasda Kalbar, Pejabat Pemerintah Daerah Provinsi Kalimantan Barat, pengusaha, tokoh masyarakat.

“BPKP Kalbar telah saya anggap sebagai ‘guru’. Berbagai upaya dalam meningkatkan kapasitas auditor kami telah dilakukan. Antara lain, melalui bimbingan teknis, mengikutsertakan dalam program sertifikasi, dan pelaksanaan join audit yang dapat mewujudkan blending keilmuan dan transfer of knowledge di antara personel dalam tim yang terdiri dari auditor BPKP Kalbar dan auditor Itwasda Polda Kalbar.  Hal ini juga akan saya lakukan di wilayah Sumatera Barat sebagai ladang pengabdian saya yang baru,” ujar Arif.

Terkait dengan hal itu, Kombes Pol Reguel menyatakan siap untuk berkolaborasi dengan BPKP dalam rangka meningkatkan kapasitas auditornya di bidang pengawasan. “Dalam waktu dekat saya akan bertandang ke Kantor BPKP Kalbar untuk memperkuat sinergi yang telah dibangun oleh Pak Kombes Pol Arif,” kata Reguel.

Dalam kesempatan terpisah, Kepala Perwakilan BPKP Kalbar Dikdik Sadikin menyatakan kesiapannya untuk senantiasa membantu Itwasda Polda Kalbar meningkatkan kinerjanya. Di samping itu, dalam tugas-tugas BPKP Kalbar yang terkait dengan Polda Kalbar, seperti perhitungan kerugian keuangan negara dan pemberian keterangan ahli atas permintaan Polda, dukungan dari Itwasda Polda Kalbar juga dibutuhkan dalam kerja samanya dengan Ditreskrimsus Polda Kalbar.

Ia mengharapkan sinergi yang telah dibangun antara BPKP Kalbar dengan Itwasda Polda Kalbar dapat senantiasa dilanjutkan dalam mendukung Kepolisian Republik Indonesia di wilayah Kalbar yang “Presisi” atau Prediktif, Responsibilitas, Transparansi dan Berkeadilan.

 

(Kominfo BPKP Kalbar/FW)