SIMDA Keuangan dan SIMDA BMD BPKP, Strategi Kab. Pidie Pertahankan Opini WTP

.

PIDIE (15/11) - Di Aula Kantor Bupati Pidie telah dilaksanakan updating database SIMDA Keuangan dan SIMDA BMD Tahun 2021, serta diskusi perubahan regulasi keuangan daerah dan barang milik daerah.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah Kabupaten Pidie Teuku Hendra menyampaikan bahwa kegiatan ini dalam rangka menghadapi penyusunan LKPD TA 2021 Kabupaten Pidie secara tepat waktu, tepat saji, dan akurat dalam rangka meraih opini WTP. Pemerintah Kabupaten Pidie berkomitmen menggunakan SIPD dan SIMDA secara simultan sebagaimana amanah Instruksi Mendagri.

Perwakilan BPKP Aceh yang diwakili Korwas APD 2 Priyanta Nugraha, menyatakan bahwa BPKP sedari awal berkomitmen memberikan layanan penatausahaan pemda seiring dengan pemanfaatan SIPD. BPKP ingin memitigasi risiko turunnya kualitas LKPD TA 2021 di masa transisi penerapan SIPD. Mulai tahun 2022, BPKP siap menerapkan Financial Management Information System (FMIS) yang berbasis web, mulai perencanaan s.d. pertanggungjawaban dengan output berupa LKPD dan Laporan Kinerja Pemerintah Daerah

Pada kesempatan tersebut, disampaikan langkah-langkah updating database SIMDA Keuangan dan SIMDA BMD Tahun 2021 mengikuti perkembangan regulasi keuangan daerah.

BPKD Kabupaten Pidie juga menyampaikan permintaan pendampingan kegiatan persiapan PORA sumber dana APBA TA 2021 yang ditransfer ke APBK Kabupaten Pidie dalam bentuk probity audit, penatausahaan, dan pertanggungjawabannya.

 

(Kominfo Perwakilan BPKP Aceh)