Kapolda Sulbar Apresiasi Bantuan BPKP dalam Bimtek Pengawasan di Lingkungan Polda

.

 

 

MAMUJU (15/11) - Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Barat Hasoloan Manalu hadiri pembukaan bimbingan teknis bidang pengawasan bagi pegawai di lingkungan Kepolisian Negara RI Daerah Sulawesi Barat.
 
Kegiatan dibuka secara langsung oleh Kepala Kepolisian Negara RI Daerah Sulawesi Barat Irjen Eko Budi Sampurno. Terselenggara selama lima hari, peserta terdiri dari 18 Kabag Logistik dan Kasie Keuangan Polres/Polresta, 27  Kasubagremin,  dan 9 peserta dari Itwasda Polda Sulawesi Barat. Hadir dalam pembukaan, yakni Kapolda, Wakapolda, serta para Pejabat Utama lingkungan Polda Sulbar.
 
Para peserta akan dibekali materi seputar SPIP, manajemen risiko, audit kinerja, audit investigasi dan pengelolaan hasil pengawasan. Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Barat Hasoloan Manalu dalam sambutannya menekankan pentingnya peran pengawasan intern yang efektif untuk memberikan nilai tambah bagi organisasi melalui aktvitas penjaminan (assurance) dan konsultasi (consulting).
 
Dalam Pasal 11 PP 60 tentang SPIP dinyatakan bahwa APIP yang efektif mampu menilai efektivitas, efisiensi dan ekonomis dari pelaksanaan tugas dan fungsi organisasi, memberikan early warning system, serta memberikan konsultasi terhadap efektivitas tata kelola, manajemen risiko dan pengendalian intern. Fungsi pengawasan intern di Polda juga harus mampu mengawal/membantu Kapolda dalam pencapaian tujuan organisasi yang tercermin dalam visi misi Kaploda Sulbar. 
 
Kapolda Sulawesi Barat dalam arahannya meminta agar seluruh peserta berpartisipasi aktif selama mengikuti kegiatan dan materi yang disampaikan hendaknya bisa langsung diimplementasikan oleh peserta, salah satunya dalam pengelolaan dan pertanggungjawaban keuangan. Kapolda juga berharap metode pelatihan diberikan dengan interaktif dan peserta aktif membahas suatu permasalahan/kasus aktual untuk dicarikan solusinya. Kapolda Sulawesi Barat juga berterima kasih kepada Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Barat yang sudah mendukung terlaksananya kegiatan bimbingan teknis ini. Narasumber kegiatan bimbingan teknis seluruhnya berasal dari Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Barat.
 
(Kominfo BPKP Sulbar)