BPKP Dorong Implementasi Aplikasi Simda Next-G Berbasis Web-FMIS

.

YOGYAKARTA (1/11) - Perwakilan BPKP DIY menjadi tuan rumah penyelenggaraan Workshop Deputi Bidang Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah BPKP dengan tema "Perencanaan Penganggaran dan Penatausahaan FMIS (Financial Management Information System)". Acara dihadiri oleh Direktur di lingkungan Kedeputian PKD dan seluruh Korwas APD  Perwakilan BPKP se-Indonesia yang diawali dengan pembukaan oleh Deputi Bidang Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah (PKD) BPKP Raden Suhartono.

Kepala Perwakilan BPKP DIY Adi Gemawan mengucapkan selamat datang kepada para peserta dan mengapresiasi dipilihnya Perwakilan BPKP DIY sebagai lokasi penyelenggaraan workshop. Sebagai kota budaya dan wisata, ia memperkenalkan beberapa potensi yang ada di Kota Yogyakarta, serta destinasi wisata dan kulinernya yang bisa dikunjungi agar bisa turut meningkatkan pendapatan daerah dari sektor pariwisata yang sempat terpuruk selama pandemi.

Sementara itu, Raden Suhartono dalam sambutannya menyampaikan kembali arahan Kepala BPKP Muhammad Yusuf Ateh bahwa BPKP mempunyai peran yang strategis, di mana  BPKP selalu dilibatkan dalam rapat kabinet untuk merumuskan dan memutuskan kebijakan. Hal ini menunjukkan kepercayaan yang besar kepada BPKP dari stakeholder. Maka dari itu, kita seluruh pegawai BPKP harus menjaga dan meningkatkan integritas kita selaku auditor dari Presiden, yang ditunjukkan dengan konsistensi perkataan dengan tindakan.

Dengan adanya pandemi Covid-19, sebagai instansi pengawasan BPKP juga turut melakukan perubahan salah satunya transformasi digital untuk pelaksanaan pengawasan melalui perilaku pegawai, metode kerja, dan dukungan sarana prasarana. Selain itu, BPKP juga menyikapi dengan menyesuaikan kebijakan yang fokus utamanya pencegahan, pengendalian Covid-19, dan pemulihan ekonomi masyarakat. Yaitu dengan merumuskan kebijakan pengawasan top down-bottom up, yang dituangkan dalam Agenda Prioritas Pengawasan (APP) dan Agenda Prioritas Pengawasan Daerah (APPD).

Adapun tujuan penyelenggaraan kegiatan workshop Perencanaan Penganggaran dan Penatausahaan FMIS (Financial Management Information System) untuk alih pengetahuan implementasi dan membekali pengoperasian Aplikasi FMIS dalam mendukung akuntabilitas keuangan daerah. Workshop dilaksanakan selama 5 hari dari tanggal 1-5 November 2021 yang diikuti oleh 82 peserta dari seluruh Perwakilan BPKP dan 149 peserta dari pemda.

 

(Kominfo BPKP DIY/Vivi)