BPKP Semarakan Upacara Sumpah Pemuda dengan Pakaian Adat dan Lomba

.

JAKARTA - Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Muhammad Yusuf Ateh beserta Sekretaris Utama dan seluruh Deputi mengikuti upacara peringatan Sumpah Pemuda ke - 93 secara virtual pada Kamis (28/10). Upacara digelar dengan sederhana dan diikuti peserta yang terbatas. Tentunya, dengan menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat.

Seluruh peserta Upacara Sumpah Pemuda kali ini termasuk perwakilan BPKP di 34 provinsi menggenakan pakaian adat. Kepala BPKP Muhammad Yusuf Ateh misalnya, mengenakan pakaian adat Melayu Khas Teluk Belanga yang beraksen Kuning Keemasan, sedangkan Sekretaris Utama BPKP Ernadhi Sudarmanto memakai pakaian Payas Agung Khas Bali. Selanjutnya, Deputi Kepala BPKP Bidang Polhukam PMK Iwan Taufiq Purwanto mengenakan pakaian Surjan khas Yogyakarta, dan Deputi Bidang Perekonomian dan Kemaritiman Salamat Simanullang memakai pakaian khas Aceh Ulee Balang, terakhir Deputi Bidang Akuntan Negara Sally Salamah memakai pakaian khas Kalimantan.

 “Ini membuktikan bahwa adat istiadat dan kebudayaan Indonesia sangat kaya dan beragam,” kata Kepala BPKP Muhammad Yusuf Ateh.

Dirinya merasa bangga kepada para peserta yang mengenakan pakaian adat nusantara. Hal ini, kata dia, menggambarkan cinta tanah air yang termasuk di dalamnya kebudayaan dan adat istiadat.

Selain itu, dalam rangka memeriahkan perayaan Sumpah Pemuda BPKP menggelar beberapa kompetisi dengan tiga kategori yakni, Video Profil Unit Kerja, Karikatur dan Video Pemuda Masa Kini.

“Anak-anak muda BPKP memiliki kreativitas dan inovasi untuk membuat sesuatu yang belum pernah kita bayangkan sebelumnya. Saya ucapkan selamat Sumpah Pemuda dan terus berkarya untuk Nusa dan Bangsa,” ucapnya.

Diketahui, untuk kompetisi Video Profil Unit Kerja, peringkat pertama ditempati Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara, di tempat kedua Perwakilan BPKP Provinsi Bali, dan di posisi ketiga Perwakilan BPKP DIY.

Selanjutnya, untuk kompetisi karikatur, juara pertama ditempati Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara, di posisi kedua diisi Perwakilan BPKP DIY, disusul Perwakilan BPKP Provinsi NTB.

Untuk kategori Video Pemuda Masa Kini, dimenangkan oleh Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat. Di posisi ke dua ditempati oleh Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Selatan dan Papua, serta berikutnya di posisi ketiga diraih Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara dan DIY.

(Tim Kominfo BPKP/ FR).