BPKP Sulteng Dorong Akselerasi Capaian Vaksinasi Covid 19 di Sulawesi Tengah

.

PALU (26/10) - Di Ruang Rapat Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Tengah Evenri Sihombing berkoordinasi dengan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah I Komang Adi Sujendra mengenai capaian vaksinasi Covid-19 di Provinsi Sulawesi Tengah yang masih cukup rendah.

Berdasarkan monitoring tanggal 21 Oktober 2021 masih berada pada 35,2%. Beberapa langkah yang telah diambil BPKP Provinsi Sulawesi tengah adalah berkomunikasi dengan pemerintah di Provinsi Sulawesi Tengah untuk terus dapat memenuhi target 70% pada bulan Desember 2021 dengan memberikan masukan terkait dengan kecukupan dan manajemen distribusi stok di lapangan.

Dalam diskusi diketahui capaian vaksinasi se-Provinsi Sulawesi Tengah per tanggal 26 Oktober 2021 adalah 36,7% untuk dosis 1 dan 20,5% untuk dosis 2. Adapun Capaian 3 tertinggi adalah Kabupaten Morowali Utara, Kota Palu dan Kabupaten Buol, 4 capaian terbawah adalah Kabupaten Banggai Kepulauan, Kabupaten Parigi Moutong, Kabupaten Sigi dan Kabupaten Tojo Una-una.

Dalam kesempatan tersebut, Evenri menyampaikan perlunya koordinasi dan kolaborasi setiap instansi dalam rangka percepatan vaksinasi Covid-19. Di samping itu, perlu aksi cepat dalam rangka penginputan capaian vaksinasi dalam aplikasi dengan menggunakan tenaga khusus penginputan. Evenri juga mengingatkan mengenai tertib administrasi, di mana setiap pergerakan vaksin harus dicatat dan berdasarkan bukti yang memadai dan dapat dipertanggungjawabkan.

Dalam pertemuan tersebut, Kepala Dinas meminta BPKP dapat mendorong ketersediaan dan pasokan vaksin ke Provinsi Sulawesi Tengah dari Pusat untuk memenuhi target vaksinasi yang telah ditentukan. Ke depan, Kepala Dinas akan memberikan informasi progress vaksinasi dan stok sebagai bahan monitoring bersama.

Selain pihak Dinas, koordinasi tersebut juga diikuti oleh perwakilan Kimia Farma dan Dos Ni Roha. Kepala Perwakilan mengharapkan ada komunikasi dan koordinasi yang baik terus menerus dengan pihak Dinas Kesehatan Kota/Kabupaten dan pihak mitra.  Kepala Perwakilan menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang turut mendorong percepatan capaian vaksinasi. BPKP hadir bermanfaat !

 

(Kominfo BPKP Sulteng, Hendro Novianto/ Naufal)