Perbaiki Tata Kelola, Pemkab Halut Minta Pendampingan BPKP

.

HALMAHERA UTARA - Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara menerima kunjungan dari Sekretaris Daerah Kabupaten Halmahera Utara (Halut) Erasmus Joseph Papilaya yang didampingi oleh Inspektur Kabupaten Halmahera Utara Tony Kapuw.

Di ruang kerjanya, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara Aryanto Wibowo bersama Koordinator Pengawasan (Korwas) Bidang APD Edy Pramono dan Korwas Bidang P3A Safi' Mahmud menyambut mereka secara hangat. Kunjungan ini menerapkan protokol kesehatan dengan memakai masker dan menjaga jarak.

Sekretaris Daerah Kabupaten Halmahera Utara Erasmus Joseph Papilaya meminta pendampingan kepada BPKP terkait tata kelola pemerintah daerah dimulai dari perencanaan hingga pelaporan.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara Aryanto Wibowo menyampaikan bahwa BPKP selalu siap mendampingi Pemerintah Kabupaten Halmahera Utara untuk mengawal akuntabilitas tata kelola pemerintah daerah.

Selain itu, Aryanto menghimbau kepada Pemerintah Kabupaten Halut untuk mendorong masyarakatnya agar segera melakukan vaksinasi. Aryanto mengingatkan kepada Pemkab Halut agar segera menyelesaikan Laporan Keuangan Daerah dengan menggunakan SIPD yang diparalelkan dengan SIMDA. Lanjutnya, ia juga mendorong Pemkab Halut untuk menerapkan Maturitas SPIP dan Manajemen Resiko dalam segala kegiatan Pemerintah Daerah. Di akhir perbincangan, Aryanto berharap bahwa BPKP dan Pemerintah Kabupaten Halmahera Utara dapat selalu bersinergi.

(Kominfo BPKP Malut/April)