BPKP Bali Selenggarakan Diklat Penilaian Maturitas SPIP Terintegrasi

.

Description: http://www.bpkp.go.id/public/upload/unit/bali/images/DiklatSPIP_APIP.gifDENPASAR (25/10) - Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Bali Muhammad Masykur, membuka pendidikan dan pelatihan penilaian maturitas penyelenggaraan Sistem Pengendalian Internal Pemerintah (SPIP) terintegrasi di lingkungan pemerintah daerah wilayah Bali, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur. Kegiatan diselenggarakan dari tanggal 25-29 Oktober 2021 di Aston Hotel & Convention Center Denpasar dan diikuti oleh 33 peserta.

Kegiatan diklat dibuka secara resmi oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Bali yang ditandai dengan ketukan palu dan penyematan tanda peserta kepada dua orang perwakilan peserta diklat. Turut hadir sebagai narasumber, Widyaiswara Adrian Puspawijaya.

Diklat ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada para peserta yang berasal dari inspektorat daerah dan Bappeda tentang penilaian maturitas penyelenggaraan SPIP Terintegrasi. Demikian nantinya para peserta dapat melakukan penilaian mandiri dan penjaminan kualitas maturitas SPIP sesuai dengan Peraturan BPKP Nomor 5 Tahun 2021 tentang Penilaian Maturitas Penyelenggaraan SPIP Terintegrasi.

Muhammad Masykur dalam sambutannya manyampaikan bahwa tingkat maturitas penyelenggaraan SPIP adalah tingkat kematangan SPIP sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2008 tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah. Penyelenggaraan SPIP bukan hanya tanggung jawab pimpinan saja, tetapi dilaksanakan oleh seluruh pegawai. Tingkat maturitas pengendalian intern atas penyelenggaraan kegiatan pemerintahan diperoleh melalui proses penilaian SPIP terintegrasi. Proses penilaian dilakukan berfokus pada tiga komponen, yaitu kualitas penetapan tujuan, penyelenggaraan struktur dan proses, serta pencapaian tujuan yang mencerminkan hasil dari penyelenggaraan SPIP.

Di akhir sambutannya, Kepala Perwakilan berharap agar peserta dapat mengikuti kegiatan pelatihan ini dengan baik dan dapat mengimplemetasikan penilaian SPIP terintegrasi di pemerintah daerah masing-masing.

(Kominfo BPKP Bali/APW)