Kerja Sama Peningkatan Kualitas SDM antara BPKP Aceh dan UTU

.

BANDA ACEH (22/10) – Bertempat di Ruang Kerja Kepala Perwakilan BPKP Aceh, dilakukan rapat koordinasi antara Perwakilan BPKP Aceh dan Universitas Teuku Umar (UTU) dalam upaya peningkatan kerja sama, sinergi, dan kalaborasi peningakatan kualitas SDM kedua belah pihak melalui penandatanganan Memorandum of Agreement (MOA) antara BPKP Aceh dengan UTU.

Kerja sama yang dimaksudkan dituangkan dalam MoA yang dapat menjadi payung bersama dalam beberapa kegiatan assurance dan consulting yang dilaksanakan Perwakilan BPKP Aceh dan UTU. Penandatangan MoA dilakukan oleh Kepala Perwakilan BPKP Aceh Indra Khaira Jaya dan Dekan FE Universitas UTU yang disaksikan oleh Koordinator Pengawasan Bidang APD I M. Ahlal Firdaus dan pengendali teknis serta Kepala Bidang Akademik Fakultas ekonomi dari UTU.

Perjanjian kerja sama yang ditandatangani merupakan komitmen awal yang akan dilanjutkan dengan MOU antara Perwakilan BPKP Aceh Dengan Rektor UTU berisikan kerja sama dibidang pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan pengembangan sumber daya manusia. Kedua belah pihak berkomitmen untuk melaksanakan penting dan strategis dalam waktu dekat di antaranya kegiatan sharing knowledge (mendekatkan pengetahuan praktis audit dan tata kelola pemerintah dengan aspek teorinya), ikut memperbaiki tata kelola pemerintah desa dan kabupaten di pantai Barat Selatan aceh. Selanjutnya, kerja sama untuk Kuliah Kerja Praktik (KKP) memdukung program Kampus Mardeka  berupa program magang mahasiswa yang berhubungan dengan manajemen, keuangan, operasional dan bidang terkait lainnya. Perwakilan BPKP Aceh selalu bersedia memfasilitasi mahasiswa manapun termasuk UTU untuk melaksanakan praktik perkantoran di Perwakilan BPKP Aceh di mana mahasiswa dapat memahami proses bisnis, yaitu mengalirnya suatu data menjadi informasi yang diproduksi Perwakilan BPKP Aceh.

Berkaitan dengan pengabdian masyarakat, Perwakilan BPKP Aceh bersama UTU dapat memberdayakan aparat dan masyarakat desa dari aspek tata kelola keuangan desa dan BUMDes sejak perencanaan, penatausahaan hingga pertanggungjawabannya, merupakan kerja sama selanjutnya.

Terakhir, kerja sama yang disepakati dalam hal kuliah umum, seminar, loka karya dan event akademik lainnya. MoA tersebut diharapkan terus terealisasi dalam waktu yang terdekat agar value kedua lembaga ini Perwakilan BPKP Aceh dan UTU dapat segera termanfaatkan dan dirasakan oleh publik di wilayah Aceh yang membutuhkan pendampingan dari berbagai pihak, termasuk pihak birokrasi dan kalangan kampus.

 

(Kominfo Perwakilan BPKP Aceh)