Duet BPKP dan Inspektorat Maluku Utara Kawal Percepatan Pelaksanaan Vaksinasi

.

TERNATE (21/10) – Pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten/kota, fasilitas pelayanan kesehatan di wilayah Maluku Utara terus lakukan percepatan pelaksanaan vaksinasi dalam rangka penanggulangan pandemi Covid-19.

Untuk memastikan kegiatan vaksinasi dilaksanakan mengacu pada Petunjuk Teknis Vaksinasi Covid-19, maka Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara melaksanakan pengawasan tata kelola pelaksanaan vaksinasi tahap III pada kabupaten/kota di Provinsi Maluku Utara. Pengawasan dilakukan dengan sampel uji petik fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) sebanyak delapan puskesmas yang dibawahi oleh empat dinas kesehatan kabupaten/kota, yaitu Kabupaten Halmahera Barat, Kabupaten Halmahera Utara, Kabupaten Halmahera Selatan, dan Kabupaten Pulau Morotai.

Hal tersebut bertujuan untuk mendukung percepatan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 sesuai dengan ketersediaan dan kebutuhan yang ditetapkan oleh pemerintah yang tertuang dalam Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 99 Tahun 2020 tentang Pengadaan Vaksin dan Pelaksanaan Vaksinasi dalam rangka Penanggulangan Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Sebagai upaya BPKP menyamakan persepsi dan pemahaman, Tim Inspektorat yang ikut mengawasi pelaksanaan vaksinasi telah mengikuti Workshop Pedoman Pengawasan Kegiatan Vaksinasi Covid-19 Tahap III Tahun 2021 yang diadakan BPKP pada Selasa, 5 Oktober 2021.

Entry meeting dilaksanakan oleh Tim BPKP pada Senin (11/10) bersama dengan Inspektorat dan Dinas Kesehatan di empat kabupaten/kota. Adapun penyampaian tim pada entry meeting, yaitu ruang lingkup pengawasan vaksinasi tahap III adalah perencanaan vaksinasi Covid-19, pelaksanaan vaksinasi Covid-19, serta sumber daya manusia, sarana prasarana, dan logistik vaksinasi Covid-19 dengan cut-off data vaksinasi maupun stok vaksin per tanggal 30 September 2021.

Agenda dilanjutkan dengan Tim Pengawasan (BPKP dan Inspektorat) melaksanakan stock opname di Gudang Farmasi UPTD Instalasi Farmasi di masing-masing dinas kesehatan kabupaten/kota dan pelaksanaan vaksinasi masal kabupaten/kota di wilayah Maluku Utara.

Atas laporan hasil pengawasan vaksinasi tahap III yang dilaksanakan oleh Tim BPKP dan Tim Inspektorat, Tim BPKP Provinsi Maluku Utara akan membuat laporan kompilasi yang memuat seluruh informasi hasil pengawasan pelaksanaan vaksinasi di wilayah Maluku Utara.

 

(Kominfo BPKP Malut/Bhakti)