BPKP Serahkan Sertifikat Kapabilitas APIP Level 3 bagi APIP Kota Tangerang

.

TANGERANG (21/10) - Di Inspektorat Kota Tangerang, telah dilaksanakan Sosialisasi Penyusunan Daftar Risiko untuk seluruh pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) di wilayah Kota Tangerang. Dari 41 OPD di wilayah Kota Tangerang, 12 OPD hadir di lokasi dan sisanya secara daring.

Inspektur Kota Tangerang Dadi Budaeri dalam sambutannya mengatakan bahwa setiap OPD harus mampu melakukan penilaian karena ini sangat penting untuk memastikan tujuan dan pengawasan yang dilakukan oleh inspektorat. Hal tersebut dilakukan berdasarkan tingkat risiko yang ada. Saat ini, semua OPD belum mampu menilai sehingga sosialisasi ini sangat perlu untuk dilaksanakan.

Dalam sambutannya, Sekda menyampaikan bahwa sesuai PP 60/2008 para pimpinan instansi pemerintah wajib melakukan penilaian risiko, yaitu kemungkinan kejadian yang menjamin tujuan instansi. Di Kota Tangerang sesuai Perwal 33/2017, Kepala OPD wajib melakukan pengendalian, risiko, OPD, dan pengendalian sesuai rencana tindak yang disusun sesuai risiko. Sekda mengucapkan terima kasih kepada Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Banten beserta jajarannya dan berharap dengan kegiatan ini semua OPD dapat menyusun Daftar Penilaian Risiko dan Rencana Tindak Pengendalian dengan benar sehingga dapat mendukung tujuan dan sasaran daerah.

Bagi BPKP yang berperan dalam konsultansi SPIP di Pemerintah daerah, kegiatan tersebut sangat penting sehingga Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Banten R. Bimo Gunung Abdulkadir berkesempatan menyampaikan materi kepada peserta.

Kegiatan diakhiri dengan penyerahan Sertifikat Kapabilitas APIP Level 3 oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Banten kepada Wali Kota Tangerang Arief Rachadiono Wismansyah.

(Kominfo BPKP Banten)